Penghijauan jadi Tugas Satgas Citarum Harum

BERSIHKAN PEPOHONAN: Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 13 membersihkan pepohonan di sepanjang daerah aliran sungai. Tugas satuan tersebut, bukan hanya membersihkan sampah di sungai. Mereka juga punya kewajiban melakukan penghijauan di lahan kritis di sepanjang daerah aliran Sungai Citarum.

PURWAKARTA, RAKA – Tugas Satuan Tugas Citarum Harum ternyata bukan hanya membersihkan daerah aliran sungai. Namun juga memelihara pepohonan di lahan kritis di sepanjang jalur tersebut. Di Gunung Bayu, Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 13 melakukan kegiatan pemeliharaan ribuan pohon yang dulu ditanam di lahan kritis.

Komandan Sektor 13 Citarum Harum Kolonel Inf Dwi Sunyata mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari penanaman pohon yang sudah dilakukan anggotanya beberapa waktu yang lalu. “Bukan hanya penanaman saja, perawatan pun sangat penting agar ribuan pohon yang kita tanam bisa tumbuh sesuai harapan,” ujarnya kepada Radar Karawang.

Dia menjelaskan, salah upaya penyelamatan dan perawatan pohon yang ditanam ini dengan melakukan pembabatan rumput liar yang mengganggu pertumbuhan pohon, sehingga tanaman ini bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain, untuk melakukan percepatan konservasi lahan kritis dan gersang menjadi lahan terbuka hijau. “Mengembalikan keasrian alam serta lahan terhindar dari erosi,” katanya.

Tak hanya fokus penghijauan, Satgas Citarum Sektor 13 juga juga mengajak masyarakat yang berada di sekitar Gunung Bayu untuk bersama-sama merawat pohon yang ditanam serta mengajak untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum. (gan)