Penyempitan Drainase Penyebab Banjir

Juddy Herdiana

PURWAKARTA, RAKA – Terkait masalah banjir saat hujan besar di wilayah Kecamatan Purwakarta beberapa waktu lalu, pihak Kecamatan Purwakarta sudah melakukan evakuasi bagi warga yang terdampak banjir.

Camat Purwakarta Juddy Herdiana mengatakan, ada dua faktor penyebab banjir di wilayahnya. Salahsatunya dikarenakan adanya sampah yang tersumbat berada di saluran air yang sekian lama tidak diangkut pada musim kemarau. “Yang kedua di kota banyak saluran air yang semula lebar menyempit karena pembangunan rumah,” terangnya, Senin (13/01).

Wilayah yang terdampak banjir, lanjutnya, ada di tiga titik yakni di Kampung Bojong, Kampung Sukahaji, serta Kampung Sukajadi, Kelurahan Nagri Kidul. “Ketinggian air sampai 1 meter setengah, hanya di Sukahaji dan Sukajadi yang agak lama. Kecamatan sifatnya hanya kordinatif dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penaggulangan Bencana terkait pengadaan perahu karet, dikarenakan pemerintah kecamatan tidak mempunyai perangkatnya,” paparnya.

Ia juga mengatakan, pihak kecamatan sifatnya operasional kalau ada kejadian turun ke lapangan. “Kita harus melakukan tindakan langsung untuk bisa mencegah masalah,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, proses evakuasi yamg dilakukan saat banjir ialah ke tempat aman yang tidak jauh dari area. Karena sifatnya cepat surut, mereka (pengungsi) langsung kembali. “Kejadian karena ada tanggul di Pasawahan yang jebol jadi semua arus air meluap,” pungkasnya. (ris)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *