Perusahaan Tambang Batu Disidak

SIDAK : Satgas Citarum Harum Sektor 13 saat sidak ke PT MSS. Giat itu dilakukan guna mengecek arahan sebelumnya yang sudah disampaikan kepada pihak PT MSS terkait memperhatikan lingkungan dan kondisi sungai Cibuluh.

PURWAKARTA, RAKA – Satgas Citarum Harum Sektor 13 lakukan inspeksi mendadakan (Sidak) ke perusahaan tambang batu milik PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS) yang berlokasi di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru. Kegiatan tersebut untuk memonitoring progres perbaikan aliran sungai Cibuluh, Senin (13/1).

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf Nazwardi Irham, mengatakan, sidak dilakukan guna meninjau normalisasi aliran sungai Cibuluh oleh PT MSS yang sebelumnya sempat dangkal akibat aktivitas salah satu perusahaan tambang batu di Purwakarta tersebut. “Sudah nampak beberapa kubangan yang dibangun oleh pihak perusahaan dalam hal ini PT MSS,” kata Dansektor saat ditemui di lokasi.

Dansektor menyebut, pembuatan kubangan tersebut merupakan komitmen PT MSS dalam pengembalian fungsi sungai Cibuluh yang sebelumnya sempat dangkal dan pasif. “Kami berharap sungai ini (Cibuluh) dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya, dan tidak lagi tercemar akibat aktivitas perusahaan. Sehingga air sungai Cibuluh dapat kembali dimanfaatkan warga sekitar,” jelasnya.

Di tempat yang sama, safety PT MSS, Adang Nugraha mengaku, sesuai dengan arahan Sektor 13 pihaknya sudah membangun sejumlah kubangan dan bronjong di bibir sungai Cibuluh yang masuk ke lingkungan PT MSS. “Sudah kita bangun sebanyak lima kubangan, tak hanya itu kita juga buatkan bronjong di bibir sungai,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Adang, pihaknya juga berkomitmen untuk melakukan pemeliharaan lebih lanjut, baik terhadap sungai maupun lokasi sumber mata air yang biasa dikonsumsi warga yang ada di lingkungan perusahaan. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan komitmen kami dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *