PKL Sampai Jual Perabotan

BERHARAP PPKM BERAKHIR: Pemberlakuan PPKM selama tiga pekan, membuat pedagang kaki lima di Jl Jenderal Sudirman Purwakarta mengeluh. Beberapa di antara mereka memutuskan untuk libur berjualan karena tidak ada pembeli akibat penutupan akses jalan.

Libur Jualan Tiga Minggu, Berharap PPKM Segera Berlalu

PURWAKARTA, RAKA – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dampaknya dirasakan semua kalangan. Tak terkecuali para pedagang kaki lima yang biasa berjualan di Jalan Jendral Sudirman Purwakarta.
Salah seorang pedagang, Ngasri mengaku berjualan di tengah PPKM mengalami penurunan pendapatan dibandingkan sebelum kebijakan pemerintah tersebut diberlakukan.

Pria berusia 51 tahun tersebut juga mengaku sempat tak berjualan selama tiga minggu untuk meminimalisir angka kerugian. Namun nyatanya dia terpaksa menjual barang-barang yang ada di rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Yah gimana lagi kondisinya seperti ini. Bukan rugi lagi, tapi malah nombok,” ujar pedagang bakso itu, Rabu (4/8).

Dia mengira jalan tempat dirinya berjualan tak lagi ditutup karena PPKM selesai 2 Agustus 2021 kemarin. Namun ternyata penutupan kembali dilakukan mengingat PPKM diperpanjang. Kondisi ini sudah pasti bakal berdampak pada perolehan penghasilan para pedagang yang biasa mengais rezeki di sepanjang Jalan Jendral Sudirman ini. “Pada dasarnya kami mendukung kebijakan pemerintah. Hanya saja kebijakan itu berdampak pada penghasilan yang diperoleh,” kata pria asal Jawa Timur itu.

Hal serupa juga diungkapkan pedagang lain, Rony Irawan (21) yang mengaku sejauh ini sudah bersabar berjualan di tengan kebijakan pemerintah, dengan harapan PPKM tidak kembali diperpanjang agar jualan bisa normal seperti sebelumnya.

Jika diperpanjang kembali otomatis beban para pedagang juga bertambah dan dirasakan berkepanjangan. “Ya berat sekali buat para pedagang semua, kalo rugi sih pasti ada, tapi untuk sehari -hari masih bisa ketutup,” katanya.
Rony bersama pedagang lain tak berharap banyak selain pandemi Covid-19 ini segera berakhir agar kelangsungan hidup bisa kembali normal sebelum virus asal Wuhan ini merebak. (gan)