Purwakarta Bersiap jadi Tujuan Wisata

DIUNGGULKAN: Atraksi air mancur bergoyang di Taman Sri Baduga Situ Buleud.

PURWAKARTA, RAKA – Kabupaten Purwakarta bakal dijadikan salah satu daerah tujuan wisata.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pariwisata memiliki peran yang besar dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah hingga pendapatan nasional yang berujung meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
“Sedikitnya ada 5 potensi wisata yang bisa dikembangkan dan dimasimalkan di Purwakarta, seperti wisata alam, wisata buatan, wisata religi, wisata edukasi dan wisata kuliner,” ujar Anne.
Untuk wisata alam diantaranya, wisata Gunung Parang, Gunung Bongkok, Waduk Jatiluhur, Parang Gombong, Gunung Lembu dan lainnya. Wisata edukasi, seperti Bale Panyawangan Diorama Nusantara, Galeri Wayang, Bale Indung Rahayu, Sentra Keramik Plered dan lainnya.
Kemudian untuk wisata buatan ada Taman Air Mancur Sri Baduga, Urban Farming Center, sejumlah waterpark dan sebagainya. Lalu tempat wisata kuliner, seperti wisata kuliner yang ada setiap malam minggu di Situ Buleud, Alun-Alun Wanayasa, Wisata Kuliner Plered serta wisata kiliner Sate Maranggi yang tersebar di wilayah Kabupaten Purwakarta.
“Purwakarta juga memiliki wisata religi, seperti Masjid Agung Baing Yusuf, Makam Syekh Baing Yusuf, Makam Eyang Dalem Gandasoli, Makam Mama Sempur, Masjid Tajug Gede dan lainnya,” tambahnya.
Anne mengatakan, pengembangan sektor pariwisata pada dasarnya memiliki banyak manfaat, bukan hanya dari sisi ekonomi karena dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), membuka kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan keluarga atau masyarakat dan memacu pembangunan daerah.
Tetapi, pengembangan potensi wisata juga bermanfaat dari sisi sosial budaya karena mendorong upaya pelestarian budaya dan adat, meningkatkan kecerdasan masyarakat, kesehatan jasmani dan rohani serta mengurangi konflik sosial.
Selain itu juga bermanfaat dari sisi lingkungan karena menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan bersih jauh dari polusi.
“Dalam konteks yang lebih besar, pariwisata juga bermanfaat dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara karena dapat mempererat persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa memiliki dan cinta pada tanah air, serta memelihara hubungan baik antar daerah, suku dan negara,” ujarnya.
Kendati demikian, untuk mengembangkan potensi wisata di Purwakarta, Pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dari semua pihak.
Dukungan tersebut seperti dari para anggota DPRD yang memiliki peran dalam pengalokasian anggaran, TNI dan Polri yang membackup dari sisi keamanan, para investor yang siap berinvestasi di Purwakarta dan tentunya yang tak kalah penting dukungan masyarakat Purwakarta itu sendiri.
“Pengembangan potensi wisata butuh dukungan semua pihak. Jadi mohon dukungannya agar impian ini bisa terwujud secara bertahap,” ujarnya. (gan)

Tinggalkan Balasan