Purwakarta Kembali Zero Covid-19

PURWAKARTA, RAKA – Sejak dua hari terakhir, Purwakarta mengklaim zero kasus aktif Covid-19. Ini adalah catatan yang kedua, karena pada 2020 lalu pernah mengalami hal serupa.
“Hari ini kita kembali zero kasus aktif atas kerjasama semua pihak termasuk para tenaga kesehatan,” ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin (22/11).

Dia mengatakan, pihaknya akan mengejar percepatan vaksinasi sesuai dengan Irmendagri ada. Menurutnya, target yang harus diselesaikan untuk lansia 40 persen dan secara umum dosis satu 70 persen.
Sementara dosis satu sekarang baru 62 persen dan lansia sekitar 39 persen. “Insya Allah untuk lansia kita akan mencapai target itu, dan dosis satu kita targetkan selesai pada pertengahan Desember 2021,” imbuhnya.

Anne mengatakan, minggu depan bakal masuk pada level 2 karena dilihat kasus aktif sudah zero, kasus kematian juga sudah nihil, bahkan BOR di rumah sakit juga di bawah 1 persen. Meski begitu, dia mengingatkan masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Purwakarta. “Yang belum divaksin segera untuk melakukannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta Iyus Permana mengatakan, penurunan kasus sampai nol salah satunya berkat kepatuhan dan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan prokes sesuai anjuran pemerintah.

Selain itu, merupakan hasil perjuangan sosialisasi dari para nakes, satgas, TNI, Polri dan kerjasama stakeholder terkait dalam serbuan percepatan vaksinasi.
Meski begitu, pihaknya berharap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan di segala aktivitas, serta menjaga pola hidup sehat. (gan/ath)