Ramai-ramai Pesan Villa di Cihanjawar

LARIS: Menjelang liburan natal dan tahun baru, villa di Kecamatan Bojong sudah banyak yang dipesan.

PURWAKARTA,RAKA – Menjelang libur natal dan tahun baru (nataru), sejumlah Villa di Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, mulai ramai dipesan wisatawan dari berbagai kota di Jawa Barat.
Salah satu pemilik Villa di Cihanjawar, E Nurhayat mengatakan, tamu yang datang ke villa di wilayah tersebut, umumnya merupakan rombongan keluarga yang sengaja datang dari kota untuk sekedar beristirahat sambil menikmati pesona alam perbukitan di kaki Gunung Burangrang.
“Saat ini sudah ada beberapa orang dari luar kota yang booking villa untuk akhir bulan dan malam tahun baru. Tamu biasanya dari luar daerah seperti Karawang, Bekasi, Jakarta dan Bandung,” kata pemilik Villa Tumaritis tersebut, Kamis (2/11).

Dia mengatakan, selain akhir tahun, pada libur akhir pekan pun villa-villa di wilayahnya tak pernah sepi pengunjung. Meski begitu, keberadaan villa tersebut tidak sepenuhnya untuk disewakan dan hanya diperuntukan untuk pribadi keluarga pemilik villa. “Villa di daerah sini (Cihanjawar) berkisar 60 villa-an, tapi yang disewakan paling sekitar 15 villa-an. Yang lainnya diperuntukan pribadi saja,” ujarnya.

Untuk tarif, diungkapkan pria yang akrab disapa Babab itu, bervariatif. Tergantung pasilitas villa hingga luas dan ketersediaan jumlah kamar. Selain sebatas tempat peristirahatan, banyak diantara villa di deareah tersebut memiliki fasilitas yang cukup memanjakan tamu.
“Banyak villa yang sudah dilengkapi kolam renang, taman bunga yang luas, hingga lokasi camping ground. Dan harga tentunya menyesuaikan dari kisaran Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta per 24 jamnya,” ungkapnya.

Sementara untuk promosi villa-villa didaerah tersebut, biasanya hanya dari mulut ke mulut para pengunjung. Namun akhir-akhir ini sebagian pemilik villa sudah promosi dengan memanfaatkan media sosial. “Gak ada promosi berlebihan, paling dari mulut ke mulut pengunjung saja. Tapi sekarang sudah mulai ramai juga di medsos,” lanjutnya.

Sementara, diakui Kepala Desa Cihanjawar Dedi S, wilayahnya merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupten Purwakarta. Meski pandemi di Kabupten Purwakarta sudah melandai dan zero dari penyebaran Covid-19, namun pihaknya tetap melakukan pengawasan dan mengingatkan pengunjung untuk tetap menaati protokol kesehatan dan akan melarang kegiatan ataupun acara berlebihan, terutama pada malam tahun baru 2022 nanti.
“Kami sudah siapkan imbauan terkait hal itu dan akan disebar ke tempat wisata juga villa yang ada di wilayah desa Cihanjawar. Tentunya kami sangat bangga, wisatawan ada yang datang ke Cihanjawar, tapi jangan sampai nanti malah membawa hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (gan)