Razia Lalulintas Sekaligus Razia Prokes

SIAP-SIAP RAZIA: Apel personel gabungan Operasi Patuh Lodaya 2021 di lapangan Mapolres Purwakarta.

PURWAKARTA, RAKA – Seluruh jajaran kepolisian yang ada di negeri ini, akan menggelar operasi patuh, mulai tanggal 20 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang. Di Purwakarta, apel personel gabungan dipimpin Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto di lapangan Mapolres Purwakarta ditandai penyematan pita operasi kepada perwakilan personel polisi lalu lintas, polisi militer, dinas perhubungan, serta Satpol PP, Senin (20/9).

Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, Oprasi Patuh Lodaya 2021 digelar guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas dan meningkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dia mengingatkan, selama digelarnya Operasi Patuh Lodaya 2021, personel harus mengedepankan sikap humanis, simpatik dan edukatif untuk meningkatkan simpati masyarakat.
“Pelaksanaan fokus dalam upaya penanganan memutus mata rantai pandemi Covid-19, seperti penegakan protokol kesehatan dilaksanakan dengan pembubaran kerumunan, bagi-bagi masker, kampanye 3M, patroli skala besar,” tegasnya.

Suhardi menekankan, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personel satuan tugas untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan.
“Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, Oprasi Patuh Lodaya 2021 ini juga kami mengimbau kepada anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” imbuh Suhardi.

Kepala satuan lalulintas Polres Purwakarta AKP Toto Herman Permana mengatakan, selain menindak pelanggar lalulintas, Operasi Patuh Lodaya 2021 ini juga menyasar pelanggar protokol kesehatan. “Jadi untuk Operasi Patuh Lodaya 2021 ini sebenarnya tujuannya ada dua. Tujuan pertama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib lalulintas. Kedua ialah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalulintas di Kabupaten Purwakarta. Yang tak kalah pentingnya, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas semakin meningkat. “Dan upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dapat membuahkan hasil,” kata Toto.

Dia juga berharap, para pengendara mematuhi peraturan lalulintas dan mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.
“Kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalulintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta mewujudkan kamseltibcar lantas,” pungkasnya. (gan)