Ruang Baca Hadir di Mal

PERBANYAK RUANG BACA: Tak lama lagi, perpustakaan akan hadir di mal dan rumah sakit yang ada di Purwakarta.

PURWAKARTA, RAKA – Para penggemar baca buku, tak lama lagi akan dimudahkan dengan hadirnya fasilitas baca di tempat-tempat publik. Mulai dari mal hingga rumah sakit.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purwakarta Mohamad Ramdhan mengungkapkan pihaknya ingin menyediakan layanan baca di setiap unsur layanan, misalnya di Mal STS Sadang, Yogya dan Rumah Sakit Bayu Asih. “Semuanya kami sudah koordinasikan. Baru Bayu Asih yang sudah ada buku-bukunya, sedangkan di STS dan Yogya kami menunggu konfirmasi dari mereka. Dispora juga telah siapkan tempat untuk pojok baca, nanti kami mengirim buku-buku ke sana,” katanya, Jumat (13/3).

Tak hanya di tempat-tempat keramaian, Ramdhan juga menyebut pojok baca atau taman bacaan telah ada di setiap kecamatan. Bahkan pihaknya telah lakukan kesepakatan dengan sekolah-sekolah dan pesantren untuk menyediakan pojok baca. “Kalau sudah disiapkan baru kami akan survei dannkirim bukunya sebanyak 300 buku yang selanjutnya bakal terus diperbaharui koleksi buku per 3 bulan sekali,” ujarnya.

Ramdhan mengaku mendapatkan anggaran pengadaan buku Rp100 juta dari Pemkab Purwakarta dan sebesar Rp900 juta dari Provinsi Jabar, untuk buku-buku mulai anak-anak, remaja, hingga buku umum. “Sebenarnya Rp100 juta dari pemda masih kurang tapi kami harus bisa optimalkannya. Sekarang anggota perpustakaan di Purwakarta mencapai 4.600 orang,” ujarnya.

Dalam menggenjot minat baca di wilayah Purwakarta, Ramdhan juga mengaku pihaknya telah memiliki mobil baca keliling dua unit dan satu motor baca yang bersiap berkeliling dan hadir ketika ada even-even tertentu. “Animo masyarakat untuk membaca di Purwakarta cukup tinggi terbukti pada kegiatan ‘Ngala Manggu’ (ngabuka layanan Sabtu-Minggu) hampir ratusan orang datang ke Perpustakaan Purwakarta untuk membaca,” katanya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *