Sabtu Pilkades di 170 Desa, Senin Langsung Dilantik

PURWAKARTA, RAKA – Kontestasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 170 desa di Kabupaten Purwakarta telah selesai digelar. Sebanyak 170 kades akhirnya terpilih dari 574 calon yang ikut berpatisipasi merebut hati masyarakat desa. Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga sudah menjadwalkan pelantikan para kades tersebut, agar bisa segera menjalankan tugasnya di desa masing-masing.

Pelantikan kepala desa terpilih hasil pilkades serentak dijadwalkan akan digelar pada Senin (18/10) dan dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap pertama pukul 08.00-10.00 WIB, tahap kedua pukul 11.00-13.00 WIB, dan tahap ketiga pukul 14.00-15.00 WIB. Hal tersebut diketahui dari hasil Rapat Koordinasi Persiapan Pelantikan Kepala Desa Terpilih yang digelar di Aula Janaka Setda Purwakarta, belum lama ini. Dalam agenda tersebut, nampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Iyus Permana, didampingi Kabag OPS, Kasi Intel Polres Purwakarta, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hariman Budi Anggoro dan Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo.

Rencananya, pelaksanaan pelantikan akan berlangsung sekitar satu jam, nantinya kepala desa terpilih hanya didampingi oleh satu orang pendamping yaitu camat dari masing-masing wilayah. Pelantikan akan dilaksanakan secara lansung di Pendopo Purwakarta dan secara virtual di kantor kecamatan masing-masing. Dan yang hadir secara langsung di Pendopo Pemkab Purwakarta hanya diperuntukkan bagi kepala desa terpilih bersama istri/suami, dan perwakilan masing-masing desa. Hari pencoblosan pilkades serentak di Purwakarta dilaksanakan sesuai jadwal, yang sebelumnya telah ditetapkan dengan berbagai catatan berkaitan dengan kondusifitas dan penerapan protokol kesehatan, serta teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pelaksanaan pilkades serentak ini telah dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi, khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur pemda dengan TNI dan Polri. “Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral, agar pelaksanaan plkades berjalan sesuai harapan,” kata Ambu Anne. (gan)