Screening Lansia Lebih Rumit

CEK KESEHATAN: Salah seorang lansia diperiksa kesehatannya sebelum divaksin Covid-19. Pelaksanaan vaksin untuk lansia saat ini masih rendah karena sejumlah kendala yang dialami petugas.

Sasaran Vaksinasi Covid-19 Masih Rendah

PURWAKARTA, RAKA- Vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) di wilayah Kabupaten Purwakarta masih rendah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyebut ada beberapa kendala yang menjadi penyebabnya.

Ketua Harian Gugus Tugas (GTPP) Covid-19 Purwakarta, Iyus Permana, mengatakan, vaksin lansia di Purwakarta baru didistribusikan pada 8 April 2021 lalu, sehingga saat ini masih dalam tahap proses pelaksanaan. “Dosis pertama untuk lansia sampai hari ini sebanyak 1.455 orang atau sekira 1.62 persen dan pada dosis kedua ada 313 orang atau 0,35 persen,” ungkap Iyus beberapa waktu lalu.

Adapun pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia sangatlah berbeda, lanjut dia karena perlu adanya screening kerapuhan. Lansia yang lolos tes kesehatan ialah mereka yang tak miliki penyakit komorbid atau penyakit bawaan lebih dari dua jenis. “Bisa jalan tanpa dibantu sekitar 200 meter dan tidak terengah-engah. Bisa naik tangga 10 anak tangga tanpa merasa keluhan sulit bernapas, sesak, atau kelelahan,” ungkap pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta itu.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada lansia adalah tidak pernah alami penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dalam satu bulan terakhir. “Paling penting tidak terpapar corona dalam tiga bulan terakhir dan berusia lebih dari 60 tahun. Lansia ternyata banyak yang tak mau ke rumah sakit untuk vaksinasi. Jadi kami sebar di 20 pusat kesehatan masyarakat (PKM),” pungkasnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka