Sekarang Waktunya Telur Ular Menetas

DITANGKAP : Ular hasil tangkapan Komunitas Natrix Reptiler Purwakarta.

PURWAKARTA, RAKA – Komunitas Natrix Reptiler Purwakarta menghimbau agar warga berhati-hati soal ular cobra yang bisa masuk ke pemukiman warga. Pasalnya bulan Januari merupakan bulan penetasan ular.

Ketua Natrix Reptiler Purwakarta Ray Nanada Gumilang mengatakan, pada bulan November, Desember dan Januari merupakan musim penetasan ular. “Ular keluar habitatnya karena terganggu oleh manusia, bisa jadi karena hal tersebut ular masuk ke pemukiman,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya melakukan penelurusan terkait adanya ular cobra yang merambah ke pemukiman warga dan mendapati setidaknya 7 bayi ular kobra, 2 ular cobra dewasa dan satu ular sanca. “Beberapa hari yang lalu sampai sekarang kita terus menulusuri,” paparnya.

Setelah melakukan penangkapan, pihaknya lalu mengarantina ular agar tidak dibunuh oleh warga. “Kita karantina, agar kehadirannya tidak mengganggu dan dibunuh oleh warga,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, jika ada tempat atau lubang di dalam rumah yang dicurigai ada ular, pihaknya menyarankan untuk memberikan wewangian. “Karena ular tidak suka bau yang menyengat, jangan sampai dikasih garam karena itu tidak akan berefek,” jelasnya.

Tujuan komunitas reptil sendiri, lanjutnya, untuk memberikan pemahaman tentang reptil juga habitatnya sehingga masyarakat tak langsung main bunuh apabila ketika menemukan reptil sekalipun yang berbahaya. “Tujuan komunitas memberikan edukasi secara langsung kepad masyarakat, melindungi habitat reptil yang ada di sekitar dan melakukan penelitian tentang reptil,” tutur Ray. (ris)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *