SKB Persiapkan Ujian Mandiri

Staf Fungsional UPTD SKB
Maman Somantri

PURWAKARTA, RAKA – Unit Pembantu Teknis Dinas (UPTD) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) tengah mempersiapkan teknis untuk bisa melaksanakan ujian sendiri, masih menginduk ke PKBM lain.
Maman Somantri, Staf Fungsional UPTD SKB mengatakan, UNBK masih harus menginduk karena belum terakteditasi, dan masih proses untuk jadi satuan pendidikan.

Dijelaskannya, untuk kewenangan SKB menjadi satuan pendidikan merupakan kewenangan bupati. “Dari informasi sudah ada Perbupnya. Untuk rinciannya kurang begitu faham, masih menunggu. Setelah izin perbup baru ke akreditasi dan prosesnya lumayan lama,” tandasnya.

Selanjutnya ia mengatakan, pelaksanaan ujian masih bergabung dengan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Binas Asih yang berada di Kecamatan Cibatu. “Di Purwakarta hanya 3 PKBM yang dapat melaksanakan ujian, diantaranya PKBM Pelita Kecamatan Purwakarta, PKBM Bina Warga Kecamatan Tegalwaru dan PKBM Bina Asih Kecamatan Cibatu,” jelasnya.

Sementara Aldo, Bagian Tata Usaha SKB mengatakan, pihaknya sudah diperbolehkan untuk mengikuti ujian, namun karena fasilitas yang belum cukup, gelaran ujian tersebut harus menginduk ke PKBM Cibatu. “Belum bisa ujian sendiri dikarenakan kurangnya fasilitas seperti server, komputer sebagai sarana ujian, di SKB ada namun beresiko karena komputer yang ada tidak memadai,” terangnya.

Ia juga mengatakan, untuk melaksanakan UNBK harus mempunyai minimal 20 unit komputer, sementara di SKB hanya ada 5 unit dan belum bertambah sejak tahun 2007. “Kita berharap proses administrasi dan lainnya bisa terlaksana secepat mungkin agar ke depan SKB bisa menggelar ujian sendiri,” pungkasnya. (ris)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *