UMKM Punya Peran Penting dalam Pembangunan Ekonomi

BERBINCANG : Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berbincang dengan tamu di acara Seminar dan Workshop UMKM Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA, RAKA – UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (DPC Hipmikindo) Kabupaten Purwakarta Agus Sanusi.
“UMKM dapat menjadi garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi SDGs dengan penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan pada operasi bisnis untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Agus.

Untuk mencapai itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh jajaran Himpikindo Purwakarta adalah menggelar expo, seminar dan workshop untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Kata Agus, kegiatan ini juga menggalang aksi kolektif dari berbagai sektor yang dibutuhkan dalam upaya mendukung kebangkitan UMKM di Purwakarta. Dalam hal ini, pemerintah dan sektor bisnis yang mempunyai kemampuan untuk mencari solusi melalui teknologi, inovasi dan investasi. “Selain pemerintah diberbagai tingkatan, sektor bisnis juga dapat berperan mengatasi dampak negatif pada lingkungan dan sosial melalui rantai nilai dan rantai pasok operasi bisnis mereka. Hingga kini, sektor bisnis juga telah mengambil bagian untuk mengembangkan UMKM demi pencapaian SDGs,” kata Agus.

Agus juga mengungkapkan, keberadaan Hipmikindo Purwakarta bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan serta mewadahi pengusaha mikro dan kecil. Kemudian, meningkatkan kemandirian, kebersamaan, kekeluargaan, kewirausahaan pengusaha mikro dan kecil. “Kami juga hadir untuk meningkatkan peran pengusaha mikro dan kecil dalam pembangunan daerah yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja guna mewujudkan pemerataan pendapatan dan terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan kemelaratan,” ujarnya.

Acara Expo, Seminar dan Workshop UMKM Kabupaten Purwakarta itu dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hadir juga Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda sebagai key note speaker.

Selain itu nampak hadir juga Dewan Penasehat DPC Himpikindo Kabupaten Purwakarta, Bachir Muchlis, Deputi Bidang Digital dan Produk Kreatif pada Kemenparekraf, Neil El Hilman, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji dan Ketua Hipmikindo Jawa Barat, Aida Gurning. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka