Vaksinasi di Supermarket

BELANJA SAMBIL DIVAKSIN: Pengunjung yang belum divaksin, langsung divaksin di tempat.

PURWAKARTA, RAKA – Sasaran vaksinasi di Kabupaten Purwakarta terus diperluas. Kini mulai menyasar pusat perbelanjaan alias supermarket. Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta mengerahkan petugas vaksinasi di pusat perbelanjaan. Jika ditemukan pengunjung yang belum vaksin, akan divaksinasi di tempat.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta Wita Gusrianita mengatakan, vaksinasi di pusat perbelanjaan akan terus digelar setiap minggu. Sasarannya para pengunjung yang belum mengikuti vaksinasi. “Kamari di Toserba Yogya ada 200 orang pendaftar, namun yang lolos screening hanya 130 orang,” ujar Wita.

Dirinya berharap, vaksinasi di pusat perbelanjaan dapat membantu program pemerintah mewujudkan herd immunity sehingga bisa memulihkan keadaan, aktifitas perekonomian dapat kembali aktif seperti sediakala. “Kami berharap dengan adanya vaksinasi dapat membangun herd immunity, sehingga perekonomian dapat kembali seperti sedia kala,” ujarnya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pihaknya menyiapkan tim tenaga kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi mendadak jika ada masyarakat yang belum divaksin masuk ke pusat perbelanjaan. Anne menyebut, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta bersama Dinas Kesehatan menggelar Vaksinasi Covid-19 bagi pengunjung salah satu pusat perbelanjaan, Minggu (10/10). “Vaksinasi ini untuk menyasar kelompok tertentu. Ini fokusnya pengunjung pusat perbelanjaan dan karyawan,” ujarnya, Senin (11/10).

Dengan menyasar pengunjung pusat perbelanjaan atau supermarket, diharapkannya capaian vaksinasi bisa diperluas. Selama ini, vaksinasi mengandalkan pemerintah desa untuk menggerakkan warga. Namun capaiannya belum bisa maksimal. “Jadi jika ditemukan pengunjung yang belum vaksin, akan divaksinasi di tempat,” tandasnya. (gan/ath)