Vaksinasi di Waduk Jatiluhur

SISIR WARGA: Pelaksanaan vaksinasi di Dermaga Serpis Jatiluhur.

PURWAKARTA, RAKA – Warga yang tinggal di sekitar Waduk Jatiluhur disisir. Mereka menjadi sasaran serbuan vaksinasi.
Kegiatan serbuan vaksinasi tersebut dilakukan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) di Dermaga Serpis, Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (23/9).

Dirbin Pers Puspomal Kolonel Laut Firdaus Agus Cahyadi mengatakan, selain melakukan vaksinasi pihaknya juga membagikan ribuan paket sembako untuk masyarakat setempat. Sebagian warga penerima bantuan yang tinggal di seberang danau dijemput menggunakan perahu bargas.
“Kegiatan ini merupakan upaya percepatan vaksinasi nasional agar masyarakat bisa melakukan kegiatan keseharian seperti sediakala, sekaligus mendukung percepatan perekonomian nasional,” ujar Kolonel Laut Firdaus kepada awak media.

Dia menjelaskan, Waduk Jatiluhur dipilih sebagai salah satu tempat vaksinasi karena tempat tersebut merupakan salah satu tempat latihan TNI Angkatan Laut. “Kita pilih tempat ini karena merupakan tempat latihan kita, banyak atlet dayung TNI AL juga lahir di sini dan sering mendapatkan prestasi di event nasional maupun internasional,” tambahnya.
Selain masyarakat setempat dan para nelayan, vaksinasi oleh Puspomal juga menyasar para pelajar yang akan menggelar pembelajaran tatap muka, “Selain masyarakat para nelayan juga kita jemput menggunakan kapal KPLT dan Polairud, para pelajar juga antusias ikut vaksinasi kali ini,” kata dia.

Untuk menggelar kegiatan tersebut, Puspomal menyiapkan 1.100 dosis vaksin. Namun jika masyarakat masih banyak yang mau divaksin, pihaknya juga siap melayani, “Dosis yang kita sediakan sesuai pendaftaran di awal ada 1.100, tapi kata Pak Lurah tadi kemungkinan akan lebih, kita masih akan melayani,” ujarnya seraya mengatakan, selain melakukan vaksinasi Puspomal juga membagikan 1.600 paket sembako bagi masyarakat Dermaga Serpis yang terdampak pandemi.

Saat menghadiri kegiatan tersebut, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, sampai dengan 22 September 2021 lalu, target sasaran vaksinasi sudah mencapai 41,14 persen untuk dosis pertama. Untuk mencapai status PPKM Level 2, pihaknya harus mengejar target diangka 50 persen lebih. Dan yang menjadi kendala sejak awal adalah berkaitan dengan dropping vaksin.
“Dropping vaksin tersebut sering terlambat. Purwakarta sudah dua hari ini kosong dari Dinas Kesehatan atau dari Kemenkes sudah kita infokan, demikian juga ke Pemprov Jabar. Dengan adanya kegiatan hari ini dari Puspomal sangat membantu percepatan vaksinasi yang kita lakukan,” katanya. (gan/ath)