Warga Sukasari Lahiran di Jalan

"Kami memindahkan tubuh ibu yang akan melahirkan itu ke jalan, dengan menyiapkan alas seadanya untuk melakukan proses persalinan."
Bidan Desa Ciririp
Fipih Supiati

PURWAKARTA, RAKA – Bidan Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Fipih Supiati (30), melakukan aksi dramatis membatu persalinan warga di tengah jalan, Senin (19/9).
Kejadian bermula saat Ai Asih, warga Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, melahirkan di rumah. Namun karena posisi bayi sungsang, Bidan Desa Parungbnteng merujuknya ke RSUD Bayu Asih Purwakarta.
Untuk menuju RSUD Purwakarta, butuh waktu dua sampai tiga jam perjalanan. Namun dalam perjalanan tersebut, Ai Asih tidak mampu lagi menahan sakit. Akhirnya proses persalinan dilakukan di atas alas yang dibentangkan di jalan di Kampung Baras, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari.
Menurut Fipih, sebelum kejadian, dirinya baru selesai membantu persalinan warga di Kampung Sukamulya, Desa Ciririp. Tak lama setelah itu, bidan Siti Maryam (28) meminta bantuan untuk merujuk pasien persalinan Ai Asiah.
“Saat itu, kami langsung membawa pasien menggunakan mobil bak terbuka milik salah satu warga, dan di tengah perjalanan pasien merasa mulas. Sehingga kami memindahkan tubuh ibu yang akan melahirkan itu ke jalan, dengan menyiapkan alas seadanya untuk melakukan proses persalinan,” jelas Fipih.
Meski demikian, kondisi bayi itu sempat mengkhawatirkan, karena bagian lehernya terlilit tali pusar. “Apabila saat itu tidak dibantu dengan segera, maka bisa jadi membahayakan kondisi anak tersebut,” imbuhnya.
Ia menyebut, meski harus melahirkan di jalan dengan ditolong bidan, Ai Asiah dan bayinya dalam kondisi sehat. “Kami langsung tolong ibu dan bayinya, dan syukur Alhamdulillah bayi lahir dengan selamat dan keadaan ibu baik. Kini ibu dan bayi itu sudah kembali dibawa ke rumah untuk proses pemulihan lebih lanjut,” pungkasnya. (gan)

Tinggalkan Balasan