Waspada, Medsos Bisa Bawa Keburukan

PURWAKARTA, RAKA – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat, bahkan tidak bisa dihindari. Pasalnya segala macam aspek kehidupan sehari-hari kini sudah mulai terbawa arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pesatnya perkembangan tentunya memberikan kemudahan bagi para penggunanya, misalnya dalam hal berkomunikasi dapat dengan mudah berkomunikasi dengan berbagai orang di penjuru dunia dengan tidak terbatas ruang dan waktu.

Selain dampak postif, penggunaan media sosial tidak terlepas dari dampak negatif juga, kemudahan akses komunikasi tentunya menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua di mana anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten yang tersedia di media sosial. Oleh karenanya diperlukan pengawasan orang tua serta kebijakan bagi para pengguna. “Kemajuan teknologi tentunya tidak bisa kita hindari, seperti media sosial yang banyak menyuguhkan fitur-fitur sesuai kebutuhan pengguna. Namun terlepas dari itu semua, sebagai pengguna kita harus bijak dalam menggunakan media sosial. Bila digunakan dengam baik dampak yang dihasilkan tentunya akan positif,” ungkap Kepala Bidang Aptika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Yus Djunaedi Rusli, Minggu (9/9).

Sehari sebelumnya, Diskominfo Purwakarta mengadakan, Seminar The Power of Social Media yang dihadiri lebih dari 150 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, baik masyarakat, mahasiswa dan para pelajar. “Berharap agar generasi muda khususnya di Purwakarta dapat mengoptimalkan kemajuan teknologi serta media sosial dengan baik” tambahnya.

Sedangkan menurut pegiat media sosial asal Purwakarta Fachrul Akbar, Founder Explore Purwakarta yang merupakan salah satu pemateri, bahwa dalam bermedia sosial harus dibarengi dengan konten positif, selain menarik juga akan memberikan dampak positif diantaranya kepariwisataan. “Misalnya akun instagram yang berisi konten seputar wisata Purwakarta, serta akun yang menyuguhkan berita dan informasi terkini di Purwakarta sekaligus media promosi berbayar bagi siapa saja yang ingin melakukan kerja sama,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Alpiadi Prawiraningrat, pendiri Urang Purwakarta dan Aplikasi Sampurasun Purwakarta, kemajuan teknologi informatika harus dibarengi dengan positif, karena selain untuk kesenanangan secara ekonomi bisa juga menghasilkan. “Kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin media sosial juga bisa memiliki nilai ekonomi. Beliau berharap agar generasi muda khususnya di Purwakarta untuk dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial serta kemajuan teknologi dengan cara yang positif,” pungkasnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here