Waspada, Pilkades Serentak di Tengah Corona

KOORDINASI: Rapat koordinasi menjelang pelaksanaan pilkades serentak di Purwakarta.

PURWAKARTA, RAKA – Pilkades serentak di 170 desa tinggal menunggu hari. Berbagai upaya kini tengah dilakukan agar pesta demokrasi di tingkat desa tersebut terlaksana dengan baik. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menegaskan, hari pencoblosan Pilkades serentak di Purwakarta sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan. Sabtu, 16 Oktober 2021 mendatang.
Anne mengatakan, selain kondusifitas, penerapan protokol kesehatan serta teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19 harus tetap diterapkan.

Menurutnya, pelaksanaan pilkades serentak perlu dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi, khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak. Terutama unsur pemda dengan TNI dan Polri.
“Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral, agar semua tahapan pilkades nanti dapat berjalan sesuai harapan,” kata Anne.

Selain itu, hal-hal yang berkaitan dengan langkah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan pada proses pilkades juga harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh unsur masyarakat yang terlibat dalam hajatan demokrasi tersebut. “Karena Pilkades bagian dari sebuah proses demokrasi, mari kita ciptakan pilkades yang sehat dan mampu melahirkan pemimpin impian masyarakat,” imbuhnya.

Dia juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam agenda pilkades serentak tahun ini. Terutama peran TNI dan Polri dalam setiap pelaksanaan tahapan pilkades serentak
Pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta akan berlangsung di 170 desa yang tersebar di 17 kecamatan yang diikuti 574 orang calon kepala desa.

Sementara jumlah pemilih pada pilkades serentak ini 545.318 orang. Mereka akan menyalurkan suaranya di 1.172 tempat pemungutan suara. Pelaksanaan pilkades melibatkan 850 panitia di tingkat desa, serta 9.376 kelompok penyelenggara. Sedangkan jumlah pengawasnya sebanyak 510 orang. (gan)