Ziarah Kubur Hormati Pendahulu

BERDOA : Polisi saat mendoakan para pendahulu yang dimakamkan di TMP.

PURWAKARTA, RAKA – Dalam rangka Memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta melakukan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirna Raga, di Jalan Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Purwamekar, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kegiatan ziarah diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, doa untuk arwah para pahlawan dan diakhiri penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan. Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan mengatakan, berziarah ke pusara para pahlawan memang menjadi satu rangkaian acara memperingati Hari Bhayangkara ke-74 di tahun ini. “Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan kami terhadap jasa para pahlawan yang terdahulu dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan merebut kemerdekaan,” ungkap Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan, Senin (29/6).

Selain itu, sambung Kapolres, kegiatan ini merupakan salah satu wujud untuk menimbulkan kembali nilai perjuangan. Sehingga personel Polres Purwakarta ke depannya bisa bekerja lebih baik lagi. “Kita pahami bahwa sudah bisa merdeka seperti saat ini bisa bekerja dengan baik itu berkat jasa para pejuang itu. Nah, tinggal di zaman sekarang ini apa yang bisa kita ambil. Seperti yang saya sampaikan tadi. Edukasi motivasi itu tidak bisa dikerjakan tanpa nilai kejuangan,” ungkapnya.

Indra mengajak seluruh anggota Polri maupun masyarakat Purwakarta untuk tidak melupakan perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela negara. Akan tetapi, perjuangan itu harus dilanjutkan oleh generasi berikutnya. “Intinya, kita harus tetap mengenang jasa para pahlawan, baik itu pahlawan revolusi ataupun pahlawan di setiap institusi yang telah berjuang menegakkan institusi tersebut,” jelasnya.

Khusus untuk anggota Polres Purwakarta, Indra menegaskan dan sekaligus meminta agar jangan pernah melupakan sejarah pendahulu yang sudah mendirikan bangsa ini. “Pendahulu institusi Polri sudah berjuang agar institusi tetap eksis di masyarakat. Kita juga mengharapkan doa restu, moga-moga beliau yang sudah tiada dimuliakan Allah SWT dan kita bisa mengemban amanah yang diberikan dalam rangka menjaga eksistensi Polri di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *