Ruang Pelayanan Mulyajaya Terbuka
LEBIH NYAMAN: Ruang pelayanan Desa Mulyajaya terlihat lebih nyaman.
TELUKJAMBE BARAT, RAKA – Warga Desa Mulyajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, merasa lebih nyaman saat datang ke kantor kepala desa karena suasana baru di pelayanan administrasi terpadu. Seperti diungkapkan Anjasmara (21), warga Dusun Rancaguha saat menggurusi surat keterangan domisili, Senin (13/1). “Ya Alhamdulillah kerasanya lebih nyaman,” ungkapnya kepada Radar Karawang.
Anjas sapaan akrabnya menuturkan, ruang pelayanan saat ini yang menggunakan konsep terbuka, lebih nyaman karena begitu masuk kantor desa bisa langsung dilayani. Berbeda dengan sebelumnya dengan konsep ruangan tertutup, dimana warga mesti memasuki satu pintu lagi untuk bisa bertemu dengan aparatur desa yang bersangkutan. “Pelayanan juga Alhamdulillah lancar ya,” ujarnya.
Sekretaris Desa Mulyajaya Wasan mengatakan, sebetulnya perombakan ruang pelayanan dilakukan sejak Oktober 2019, dan selesai awal Desember lalu. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat saat mengurusi keperluannya di kantor desa. Menurutnya, aparatur desa pun lebih nyaman bekerja dengan konsep ruang pelayanan terbuka. “Kalau dulu kan masuk pintu dulu, nah itu temboknya kita bongkar jadi terbuka, terus tengahnya disekat untuk memisahkan ruang pelayanan dengan kantor kaur (kepala urusan),” jelasnya.
Adapun biaya yang dikeluarkan untuk perombakan tersebut, dikatakannya mencapai Rp48 juta diambil dari dana bagi hasil (DBH). Dana tersebut mencakup perombakan dinding ruang pelayanan, meja pelayanan, dan kursi tunggu untuk warga yang datang. Selain itu, untuk pengecatan seluruh dinding baik di bagian dalam maupun bagian luar gedung. “Ya memang terasa sekarang pelayanan lebih enak,” pungkasnya. (cr5)