50 Anak Yatim Disunat Masal Lazisnu

SUNATAN MASAL: Salah seorang anak disunat masal yang diselenggarakan Lazisnu.

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA- 50 anak yatim piatu mengikuti sunatan masal yang diselenggarakan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Karawang. Ketua panitia khitanan masal Lazisnu Sadim mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Karawang ke-388 dan menyongsong hari Santri tanggal 22 Oktober yang akan datang. “Kegiatan khitanan masal ini merupakan seremoni dalam rangkaian menyambut Hari Santri Nasional. Jadi ini launching pertamanya, kedepan tiap bulan kita akan mengadakan terus kegiatan ini,” katanya, Sabtu (18/9).

Dia menjelaskan, kegiatan khitanan masal ini bekerjasama dengan klinik Az-Zahra dan didukung oleh beberapa sponsor yang memang membantu dalam kegiatan ini. “Dalam kegiatan ini ada sekitar 50 orang anak yang mengikuti kegiatan ini dari beberapa kecamatan yang ada di Karawang,” sambung Sadim.

Ditambahkannya, bagi masyarakat yang tidak mampu, anak yatim piatu bisa mendaftarkan diri untuk dikhitan ke Lazisnu atau kantor PCNU. “Yang mau mendaftarkan keponakan atau anaknya untuk dikhittan bisa hubungi saya ataupun bisa datang ke kantor PCNU,” paparnya.

Sementara itu Ketua Lazisnu H Asep Abdullah Syafei mengatakan bahwa kedepan kegiatan seperti ini akan sering dilakukan, bahkan Lazisnu akan mempersiapkan nikahan masal bagi orang dewasa yang memang belum ada modal untuk menikah. “Kegiatan khitanan masal akan dilaksanakan setiap bulan dengan cara jemput bola ke rumah warga yang mendaftar kan diri untuk dikhitan. Sedangkan untuk nikahan masal sedang kita siapkan, mudah-mudahan bisa terlaksana,” ujar kiai berkacamata ini.

Di tempat yang sama, orang tua peserta khitanan masal, Nafrul mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan khitanan masal ini. “Tadinya anak saya enggak mau ikutan, cuma melihat temannya disunat alhamdulillah dia mau,” singkat ayah dua anak ini. (cr8)