Nikah Boleh, Resepsi Dibatasi

Kepala KUA Telukjambe Timur Hamid Dulmaji

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA – Meski di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19, masyarakat masih bisa melakukan resepsi pernikahan, namun tidak semeriah seperti biasanya. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Telukjambe Timur Hamid Dulmaji. “Di tengah pandemi Covid-19 acara pernikahan tetap bisa dilakukan dengan lancar. Selama pandemi ini acara pernikahan dilaksanakan di KUA,” ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (2/8).

Lanjut Hamid, bisa saja acara pernikahan dilakukan di rumah tetapi dengan berbagai syarat. “Jika ada yang ingin melakukan pernikahan di rumahnya, kami memberikan beberapa syarat seperti mengisi surat pernyataan dan menjalakan protokol kesehatan dengan ketat. Dan apabila ada yang melanggar protokol kesehatan ketika menyelenggarakan pernikahan di rumah, kami berhak balik kanan atau tidak melanjutkannya,” ucapnya.

Terkait angka perceraian, Hamid menjelaskan KUA tidak mempunyai data pasti perceraian. “Untuk data valid perceraian adanya di pengadilan agama. kami menerimanya data perceraian biasanya satu tahun sekali dari pengadilan agama, itupun tidak berkelanjutan setiap tahunnya. Sehingga kami tidak mempunyai data valid tentang perceraian,” ungkapnya. (cr7)