Purwadana Siapkan 1.489 Paket Sembako

KEMAS: Sejumlah petugas mengemas beras dan bahan makanan lainnya untuk dibagikan kepada masyarakat.

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA – Pemerintah Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur siapkan paket sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri. Paket sembako tersebut akan dibagikan kepada masyarakat di empat dusun. “Ini memang menjelang Idul Fitri, namun masih dalam rangkaian bantuan penanganan Covid-19,” terang Kepala Desa Purwadana Endang Heryana, Selasa (19/5).

Ia menyampaikan sejak awal wabah corona berbagai kegiatan penanganan telah dilakukan, seperti penyemprotan disinfektan dan penyediaan handsanitizer. Dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pun desanya membuat dapur umum sebagaimana instruksi Bupati Karawang. Sampai saat ini pun kegiatan dalam rangka penanganan Covid-19 masih terus berjalan. “Nah sekarang di gudang kita masih ada kegiatan ibu-ibu bungkus-bungkus beras, dengan target 1.489 (penerima), termasuk yatim piatu,” terangnya lagi.

Masih dikatakannya, sembako yang akan dibagikan ini bukan bagian dari bantuan formal yang secara resmi disediakan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan pemerintah desa berupa BLT DD. Menurutnya, bantuan ini bersifat informal untuk membantu masyarakat yang tidak tercatat sebagai penerima bantuan formal. Adapun anggarannya berasal dari anggaran kebencanaan dari APBDes maupun donasi dari para dermawan yang dihimpun oleh pemerintah desa. Beberapa perusahaan di wilayah Purwadana juga turut menyalurkan bantuannya melalui pemerintah desa.

Endang masih percaya belum ada masyarakat yang miskin atau kelaparan akibat wabah corona. Meski demikian sebagai kepala desa ia mesti memberikan rasa percaya diri pada masyarakat bahwa pemerintahnya punya kepedulian. Dengan demikian, mereka tidak merasa sendirian, sebab ada pemerintah desa yang siap mengayomi. “Termasuk dapur ini akan terus berjalan walaupun tidak masak tiap hari, tapi akan selalu standby jika pada kenyataannya ada masyarakat benar-benar kelaparan, kita siap dan pasti kita bantu,” pungkasnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *