UBP dan Ma’soem University Jalin Kerjasama

KERJASAMA: Penandatanganan kerjasama UBP dan Ma’soem University.

TELUKJAMBE TIMJUR, RAKA – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menjalin kerjasama dengan Ma’soem University, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Gedung Rektorat UBP, Kamis (5/12). Kerjasama yang dijalin berupa penguatan Tri Dharma Universitas dan pengembangan kelembagaan di masing-masing universitas.

Wakil Rektor UBP Bidang Kemahasiswaan Maman Mulya Karmana mengatakan, kerjasama ini sebagai bentuk kolaborasi antara dua perguruan tinggi dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. UBP telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 135 perguruan tinggi dan lembaga dalam negeri, adapun kerjasama dengan Ma’soem University adalah yang pertama kalinya. “Diharapkan masing-masing perguruan tinggi bisa bangkit bersama, kita berkolaborasi sebenarnya bukan kompetitif, saling mendukung,” terangnya.

Ia menjelaskan, implementasi kerjasama dalam hal pendidikan dapat berupa program pertukaran mahasiswa antara kedua universitas. Selain itu, dosen dapat melakukan kunjungan silang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa. Dalam hal penelitian, para dosen kedua universitas dapat melakukan penelitian bersama dan juga bersama-sama mempublikasikan artikel penelitian, maupun berkenaan dengan kegiatan pengabdian. “Begitupun pengabdian sama seperti itu, atau bisa juga mahasiswa diikutsertakan untuk terjun langsung pengabdian kepada masyarakat, bisa KKN bersama atau bentuk lain selain KKN,” tambahnya.

Nota kesepahaman antara dua universitas ini berlaku selama lima tahun kedepan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kerjasama tersebut akan berlanjut dengan jangka waktu yang lebih panjang. “Harapannya jangka panjang, kami tidak mau putus silaturahmi dengan siapapun. Karena dengan kerjasama ini kita membangun bersama-sama memajukan pendidikan,” imbuhnya. (cr5)

Tinggalkan Balasan