Vaksinasi Masal Dongkrak Ekonomi Pedagang Kecil

LARIS: Pedagang kaki lima saat berjualan di lokasi vaksinasi Covid-19 di Telukjambe Barat.

TELUKJAMBE BARAT, RAKA – Kegiatan vaksin di sejumlah tempat berdampak positif bagi penurunan angka Covid-19. Hal ini pun membawa keuntungan bagi pedagang. Iwan Setiawan (40), pedagang cimol mengungkapkan, bahwa ia tidak perlu berjualan keliling sejak diselenggarakan vaksin di kantor kecamatan. Ia berada di lokasi sejak pagi hingga pelaksanaan vaksin selesai. “Ya biasanya saya keliling, alhamdulillah ada vaksin di sini jadi saya gak perlu keliling lagi soalnya cepat habis kalau disini,” ujarnya, saat berjualan di kantor Camat Telukjambe Barat, Minggu (5/9).

Saat ini, ia membawa adonan cimol sebanyak delapan kilogram. Jika sebelum pelaksanaan vaksin ia hanya membawa empat hingga lima kilogram saja. Ia mengaku bahwa pembeli berasal dari semua usia. “Biasanya saya bawa empat sampai lima kilo, sekarang bisa sampai delapan kilo yang saya bawa,” tambahnya.

Selain Iwan, adapula penjual bakso ayam pun mengaku bahwa sejak adanya vaksin ini ia dapat membawa 150 bakso. Keuntungan yang diperoleh dalam satu hari bisa mencapai 100 ribu lebih. Ia menambahkan bahwa ingin memperoleh bantuan umkm namun tidak memperoleh. “Keuntungan bisa lebih dari 100 ribu tapi itu kan belum dipotong sama setoran, saya mau dapetin bantuan yang buat UMKM tapi justru gak dapet, padahal udah difoto dan lain-lain,” pungkas Ridwan (36), pedagang bakso ayam. (nad)