UMKM Pengelola Barang Limbah Binaan PLN Tingkatkan Angka Penjualan

KARAWANG, RAKA – PLN melalui UPT Karawang telah menyalurkan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) berupa bantuan peningkatan quality produk, media pemasaran dan sarana galeri produk kepada UMKM Waroeng TSMD di Desa Dawuan Tengah, Kabupaten Karawang, Mei 2022 lalu.
UMKM Waroeng TSMD atau Tim Suara Masyarakat Dawuan merupakan UMKM yang bergerak pada pembuatan dan pengolahan barang-barang limbah menjadi produk bernilai tambah, seperti pembuatan furniture kursi dari tong bekas.
Di kesempatan ini, Tim PLN UPT Karawang melakukan monitoring rutin untuk meninjau langsung bagaimana dampak secara sosial ekonomi atas implementasi program tersebut, pada UMKM TSMD khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya.
Manager UPT Karawang Stefanus Yan Kurniawan menjelaskan, melalui program pengembangan UMKM tersebut, PLN memberikan bantuan berupa sarana galeri display produk, pembuatan legalitas marketplace serta sarana uji quality product yang meliputi alat uji dan keikutsertaan dalam pameran UMKM.
“Dukungan terhadap sektor UMKM ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam melaksanakan tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya melalui pilar pertumbuhan ekonomi melalui terciptanya komunitas berkelanjutan,” terang Stefanus Yan, Jumat (27/1).
“Dari program TJSL PLN, kami berfokus meningkatkan sisi pemasaran produk melalui galeri display, pemasaran digital melalui website serta keikutsertaan dalam kegiatan pameran. Hasilnya, dalam beberapa bulan implementasi, kami mengalami peningkatan penjualan hingga 60 Persen dari penjualan periode tahun sebelumnya,” terang Pembina Waroeng TSMD Endin Hasanudin.
Hasilnya, kelompok UMKM TSMD mulai merasakan manfaatnya, terutama dari sisi peningkatan penjualan. Tercatat, mulai Mei hingga Desember, terjadi peningkatan penjualan sebanyak 60 persen dari penjualan tahun sebelumnya.
Endin mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur karena pihak PLN sudah memberikan bantuan kepada UMKM TSMD. Dia berharap pada kesempatan berikutnya UMKM TSMD dapat berkolaborasi kembali dengan PLN di aspek-aspek lainnya, sehingga dapat memajukan taraf ekonomi umat dan menjalin hubungan yang harmonis.
Sementara pihak PLN berharap, pada tahun berjalan dan tahun-tahun selanjutnya, pengembangan metode pemasaran yang mampu meningkatkan angka penjualan ini dapat berimbas pada peningkatan kriteria UMKM lain, yakni peningkatan kapasitas produksi, peningkatan soft skill anggota komunitas, hingga beragam diferensiasi produk yang dipasarkan. (rls)