3.312 UMKM Karawang akan Dapat Bantuan

KARAWANG, RAKA – Sebanyak 3.312 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Karawang telah terjaring oleh Dinas Koperasi dan UMKM guna mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Program yang dinamakan bantuan presiden (banpres) produktif tersebut memberikan bantuan kepada UMKM senilai Rp2,4 juta secara cuma-cuma.

“Itu yang sudah terjaring sampai Kamis (27/8) kemarin ya,” ucap Kabid Pemeberayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Karawang Agus Jaelani, Jumat (28/8).

Agus mengatakan, data UMKM yang telah terjaring tersebut telah diajukan ke Kementerian Koperasi dan UKM guna mendapat banpres produktif.

Adapun proses seleksi nantinya dilakukan oleh kementerian, dengan demikian Dinkop dan UMKM Karawang tidak terlibat dalam menentukan UMKM mana yang berhak mendapat bantuan tersebut.

Proses penjaringan telah dilakukan sejak program banpres produktif diluncurkan salah satunya dengan menerjunkan tim ke masyarakat.

“Minggu kemarin misalnya kita buka penjaringan dengan mobil di pasar kaget Galuh Mas,” terangnya.

Sejumlah kelengkapan mesti dipenuhi oleh pelaku UMKM saat mendaftarkan diri, diantaranya ialah telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Pelaku UMKM juga disyarakat memiliki NPWP serta merupakan warga negara Indonesia yang memiliki NIK.

Pelaku UMKM juga mesti bisa membuktikan usahanya dengan surat usulan. Bantuan ini tidak berlaku bagi pelaku UMKM yang tercatat sebagai ASN, anggotan TNI/Polri, maupun pegawai BMUN/BUMD.

Di samping itu pelaku UMKM yang bisa menerima banpres produktif tidak tercatat sebagai penerima kredit dari bank. Pelaku UMKM juga tidak sedang memiliki hutang agar bantuan yang diberikan nantinya betul-betul digunakan untuk menambah modal usaha produktif.

“Kalau misalkan dalam keadaan punya hutang, sementara yang dikasih bantuan itu yang tidak memiliki hutang,” tambahnya.

Penjaringan UMKM ini rencananya akan berlangsung sampai minggu ke-3 September nanti. Namun sementara penjaringan ditutup sampai bantuan pertama diluncurkan.

“Sementara kita tutup dulu, mau peluncuran pertama dulu, Kita masih nunggu kabar dari bank BRI kapan peluncurannya,” pungkasnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Radar Karawang

41 Comments

  1. Saya punya usaha di kantin sekilah sman3 karawang…usaha tutup..punya utang ke bank bri..terus kalo liat salah satu persyaratn nya..ga dapet bantuan.
    Gimana tuh..udah usaha nya tutup ga d kasih bantuan pula.
    Tolong di kaji lagi persyaratn nya

  2. Asalamu Alaikum pa minta tolong sya saya ouna anak kecil blom pernah dapat bantuan cuma sekali bansos waktu bln April minta tolong ny sya butuh modal buat dagang

    1. Mohon dengan hormat pak, pak saya pedagang telur asin saya pengen dapat kaya orang2 bantuan pak..ukm..terimakasih pak …

  3. Link pendaftarannya mana???
    Pak sy butuh modal utk usaha, sy sdh tdk bekerja dan saat inipun sulit sekali cari pekerjaan. Berdagang kekurangan modal, hasil pemasukanpun tdk seberapa besar. Mohon bantuannya

  4. Saya sudah mengajukan ke kantor umkm karawang saya tidak punya hutang ke bank manapun .saya pedagang kecil anak tiga .kok blm ada info yah

  5. Sya pnya anak 2. suami jualan es cendol.skrang jualan nya sepi.mu jualan mie ayam .tpi gk ad modal.sya lum penah dpt bntuan ap2..tinggal jg msih dg ortu.
    Harus nya bantuan covid. It merata sja.. mu kaya mu miskin smua nya dpt bantuan biar aman dn rata.dpt smbako taw ap gt.uang 100.000 prbulan jg gpp.

  6. Percuma jg …. kebanyakan yg dapat malah nasabah bang emok alias pnm mekaar …. btw itu masuk kategori apa ya klo bukan hutang sdgkn kebanyakan ibu2 pinjam bang emok wat gegayaan n kbutuhan sehari2 …..

  7. Assalamualaikum Maaf pak gimna cara pendaptaran umkm saya blom dapat pak saya sangat butuh pak saya ngagur udh lama saya butuh buat biaya sehari2 nafkahin orng tua saya

  8. Saya ibu rumah tangga pak semenjak adanya covid suami saya di phk dari pabrik,sekarang kerja serabutan,kami belum pernah tersentuh bantuan dalam bentuk apa pun saya minta tolong pak solusi nya gimana.

  9. Saya tukang cukur rambut dmusim pandemi skrang menurun drastis..
    Dan saya juga blum se persenpun menerima dana bansos smenjak awal bantuan ini datang..
    Saya berharap banpres ini saya dapatkan
    Karena saya butuh menghidupi 2 anak saya..
    Terima kasih

  10. assalamualaikum.mf pak sy apa bila ada kesempatan dn ada rezki ingn sekali mendaftarkn dri krn dna yg kurang mmpu..untuk modal usaha dangang warung dn smbil ngasuh ank sya 2 masih kecil pak

  11. Tolong ibu saya udah di minta data sama orang desa kalangsari. Tapi belum dapat… Tolong cek juga orang orangnya banyak uang nakal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *