Uncategorized

LDKS Bentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa SMPN 6 Karawang Barat

KARAWANG, RAKA- Untuk membentuk jiwa kepemimpinan siswa-siswi, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Karawang Barat menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Dalam kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa-siswi, selain pemberian materi kepada mereka juga terdapat serah terima jabatan beberapa organisasi yang terdapat di sekolah.
Kepala SMPN 6 Karawang Barat Hadi Mulyadi mengatakan, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan kegiatan rutin setiap satu tahun sekali yang dilakukan SMPN 6 Karawang Barat. “Para siswa-siswi didik dengan beberapa materi terkait kedisiplinan, wawasan wiyata mandala, kepemimpinan, baris- berbaris, dan yang berkaitan dengan pendidikan karakter,” terangnya, pada Jumat (1/3).
Hadi menjelaskan, untuk pemateri melibatkan dari pihak eksternal dan internal. Untuk eksternal dari Satpol PP Kabupaten Karawang, sedangkan untuk internal dari pelatih pramuka, guru serta alumni. “Dalam kegiatan ini juga sekaligus melakukan serah terima kepengurusan OSIS (organisasi siswa intra sekolah), pramuka dan MPK (majelis perwakilan siswa). Jadi ada acara ceremony juga karena memang sudah masanya organisasi OSIS dan yang lainnya sudah harus melakukan regenerasi ke yang baru,” jelasnya.
Kata Hadi, kegiatan ini diikuti sekitar 200 siswa-siswi yang mulai dari hari Jumat (1/3) sore sampai dengan Sabtu (2/3) pagi. Para siswa-siswi dipadatkan kegiatannya, dilatih mentalnya dan dibekali ilmu. “Tujuannya pada dasarnya pendidikan karakter siswa-siswi supaya berdisiplin, berjiwa kepemimpinan, jiwa penuh tanggungjawab terhadap tugas-tugasnya dan melatih teori-teori dasar kepemimpinan dikalangan mereka. Harapan, siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini menjadi pionir dikalangan teman-temannya sehingga membawa pengaruh positif, bahwa siswa ini berkarakter, berakhlak serta bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa dalam membentuk jatidiri siswa,” tutupnya. (zal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights