Pendidik Rawan Diintimidasi

KETUA Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karawang Nandang Mulyana mengatakan, guru harus profesional, sejahtera dan terlindungi. Selain pemukulan oleh oknum masyarakat terhadap guru yang terjadi di sekolah Lentera Bangsa, kata Nandang, intimidasi terhadap guru juga pernah dilakukan oleh siswa. Seorang guru diancam oleh siswa di salah satu SMK. Bahkan kasus yang menurutnya paling besar yaitu pembunuhan terhadap seorang guru di Kecamatan Pedes yang hingga saat ini belum terungkap. “Ada kasus pembunuhan ibu Sumarni dari zaman Pak Dasim jadi bupati. Sudah berapa kali ganti kapolres itu belum terungkap,” ujar Nandang.

Menurutnya, guru itu harus profesional, sejahtera dan terlindungi. Profesionalisme seorang guru sudah dilindungi oleh undang-undang termasuk mendorong peningkatan kompetensinya. Kemudian untuk perlindungan guru, di Karawang sudah dibuatkan Perda Perlindungan Guru yang sudah disahkan. “Kasus yang menimpa guru kalau banyak sih tidak. Tapi di Karawang memang ada. termasuk yang pemukulan 6 bulan lalu,” ucapnya.

Selain terlindungi, tambah dia, seorang guru juga harus sejahtera. Saat ini kesejahteraan guru memang tidak menampik bahwa ada untuk kesejahteraan guru dari pemerintah, tetapi belum memenuhi harapan. Terutama guru honorer yang masih harus diperjuangkan. “Saya berharap kepada pemerintah khusus guru honor ada standar gaji yang jelas seperti di perusahaan atau seperti THL,” pungkasnya. (nce)