Salah Olah Makanan Berbahaya

KAMPANYE MAKANAN SEHAT: Petugas Puskesmas Kalangsari memberikan penyuluhan pengolahan makanan kepada ibu rumah tangga.

Bisa Timbulkan Beragam Penyakit

RENGASDENGKLOK, RAKA – Keamanan pangan merupakan kunci pencegahan penyakit bawaan makanan. Puskesmas Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok melalui bagian kesehatan keliling (Kesling) menggelar penyuluhan makanan pangan terutama kepada ibu rumah tangga.

Bakteri pada makanan dapat menyebabkan sakit perut, muntah, diare, dan demam bahkan bisa berujung pada kematian. Karenanya kesehatan keluarga menjadi hal yang utama. Adapun lima kunci keamanan pangan, yaitu menjaga kebersihan wadah, bahan pangan dan area peralatan dapur. Melakukan pemisahan bahan mentah dan masakan matang, memasak dengan benar, misalnya masak dua jam setelah dari kulkas. Dan simpan di bawah lima derajat celcius atau di atas 60 derajat celcius, kemudian gunakan air dan bahan baku yang berkualitas.

Narsih, bagian Kesling Puskesmas Kalangsari mengatakan, penyuluhan makanan ini sering dilakukan seperti di SD atau rapat minggon. Namun karena situasi sekarang ini pandemi Covid-19, sehingga jumlah yang hadir pun dibatasi maksimal sepuluh orang. “Sekarang kita fokus ke ibu-ibu rumah tangga, karena mereka harus mengerti bagaimana pengelolaan pangan di rumah,” jelasnya, kepada Radar Karawang, Senin (5/10).

Lebih lanjut kata Narsih, dengan adanya penyuluhan ini berharap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya ibu rumah tangga dan tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pihaknya mengaku setiap hari dirinya melakukan kegiatan penyuluhan keliling dengan tema yang berbeda-beda seperti soal Covid-19 atau penyuluhan pangan ini. “Tema penyuluhan ini beda-beda tapi selama tema itu belum dipahami oleh masyarakat tetap itu temannya, karena yang penting sampai dan dipahami dulu,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *