HEADLINEKarawang
Trending

Indonesia Ekspor 3 Juta Kendaraan Toyota ke Pasar Global dari Pabrik Karawang

Radarkarawang.id– Sejak ekspor perdana tahun 1987 hingga 2025, Indonesia ekspor 3 juta kendaraan Toyota ke pasar global dari Pabrik Karawang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melepas langsung ekspor ke-3 juta kendaraan utuh bermerek Toyota di Pabrik Karawang Plant 1 PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Kamis (9/10).

Capaian akumulatif sejak ekspor perdana tahun 1987 menjadi bukti bahwa kemampuan anak bangsa dapat menembus dan bersaing di pasar global. 

Pada kesempatan ini, hadir Jusuf Kalla Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-6, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Sugiono.

Baca juga: 11 WNA Langgar Aturan Izin Tinggal

Menteri Ketenagakerjaan Yassierli, Gubernur Provinsi Jabar Dedi Mulyadi, serta Bupati Karawang Aep Syaepuloh. Presiden Toyota Motor Corporation (TMC) Koji Sato.

Presiden Daihatsu Motor Corporation (DMC) Masahiro Inoue, CEO Toyota Motor Asia (TMA) Masahiko Maeda, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda dan Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Yasushi Kyoda, serta perwakilan dari TMC, TMA, manajemen PT Astra International, PT. TMMIN, PT. TAM dan PT. ADM.

“Pencapaian tiga juta unit kendaraan ini menjadi pengingat akan kemampuan Indonesia yang mumpuni,” kata Presiden Toyota Motor Corporation Koji Sato.

Tonton Juga: PASAR SASAGARAN PURWAKARTA

“Ke depannya, kami akan memperkuat peran Indonesia sebagai pusat Research and Development (R&D) dan ekspor untuk Global South,” ucap Koji.

Sebagai industri padat karya, Toyota Indonesia secara aktif berkontribusi untuk memperkuat ekosistem industri otomotif Indonesia, melalui kerjasama dengan lebih dari 240 pemasok lokal Tier-1 dan lebih dari 520 pemasok lokal Tier-2 dan Tier-3. 

Sinergi ini mendorong tumbuhnya kemandirian industri dalam negeri, termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM), sebagai bagian dari rantai pasok nasional.

Hasil dari kolaborasi ini terlihat nyata pada kandungan lokal produk Toyota Indonesia yang kini mencapai hingga lebih dari 80 %.

Di Indonesia, investasi Toyota Group yang mencapai Rp 100 triliun.  Investasi ini, bersama dengan jaringan pemasok lokal dan dealer yang melibatkan lebih dari 360.000 tenaga kerja di berbagai sektor.

Kolaborasi tidak hanya membangun kemandirian industri saja namun menjadi pilar penting yang memperkuat pondasi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

“Berkat kekuatan industri manufaktur dan komitmen terhadap kualitas, Toyota Indonesia telah memproduksi 10 juta unit dan mengekspor 3 juta unit kendaraan, membuktikan bahwa talenta Indonesia siap bersaing di pasar global melalui produk-produk berkelas dunia,” ucap Presiden Direktur PT. TMMIN Nandi Julyanto. (asy)

Related Articles

Back to top button