HEADLINE

Edukasi Digital Marketing, Mahasiswa Unsika Datang Pelaku UMKM

KARAWANG, RAKA- Mahasiswa Unsika memberikan edukasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengenai digital marketing. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan usaha mereka.
Kemajuan teknologi, harus direspon dengan baik oleh pelaku UMKM untuk pemasaran usaha. Namun, tidak semua pelaku UMKM mampu melakukannya. Apalagi, selama masa pandemi Covid-19 banyak pelaku UMKM yang terdampak. Hal inilah yang direspon oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsika. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 3 yang dari dari Uce Sahidin, Muhammad Azriel, Farah Paul, Chikawidya, Eka Rahti dan Adinda ini, melakukan edukasi digital marketing kepada pelaku UMKM di Karawang untuk meningkatkan penjualan dan memberikan strategi pemasaran yang efektif. “Saat ini, kemajuan teknologi berkembang sangat pesat sehingga mengubah aspek
kehidupan di masyarakat, termasuk aspek ekonomi. Oleh karena itu, pelaku ekonomi khususnya UMKM harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi tersebut,” kata perwakilan mahasiswa Uce sahidin, Rabu (13/4).
Kegiatan yang dilakukan, lanjutnya, berupa sharing dan edukasi kepada UMKM noo.brain di Perumahan Galuh Mas, Kecamatan Telukjambe Timur. UMKM ini bermula dari munculnya sebuah ide seorang mahasiswa Telkom University Muhammad Farhan Wirasantoso, owner UMKM noo.brain. Alasan memilih usaha ini karena keuntungan yang akan didapatkan cukup besar dan memiliki banyak peluang. Selain itu, beliau juga bekerjasama dengan seorang kerabat yang mahir dalam bidang marketing. “Edukasi diawali dengan memberikan arahan tentang bagaimana menciptakan sebuah desain produk yang menarik. Kemudian, mahasiswa melihat adanya permasalahan di bagian
marketing atau pemasaran yang membuat omzet UMKM noo.brain menurun. Salah satunya karena kurang aktif mengelola media pemasaran yang sudah ada, sehingga noo.brain ini cenderung kurang dikenal,” paparnya.
Mahasiswa, lanjutnya, memberikan edukasi berupa arahan terkait desain produk. “Kami sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsika memberikan edukasi dengan
memberikan arahan terkait desain produk, penggunaan sosial media, dan e-commerce guna meningkatkan kembali engagement dan juga traffic. Kegiatan ini dinilai berhasil, karena pelaku UMKM tersebut merasa terbantu dengan edukasi yang diberikan,” paparnya.
Sementara itu, owner UMKM noo.brain Muhammad Farhan Wirasantoso menuturkan, kegiatan seperti ini positif dilakukan dan patut ditiru. “Terima kasih atas inisiatif yang keren ini. Semoga hal-hal seperti ini dapat ditiru teman-teman yang lain. Terakhir mungkin ada quotes dari saya, jadilah pemantik untuk menyalakan api yang berkobar,” pungkasnya. (asy)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button