Fasilitas Samades Minta Ditingkatkan

ANTRE : Terlihat warga tengah mengurus surat kendaraan di Samsat Desa.

LEMAHABANG, RAKA – Bagi mereka yang enggan jauh-jauh pergi ke kantor Samsat Karawang untuk bayar pajak kendaraan bermotor, samsat desa (Samades) di Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang menjadi alternatif bagi masyarakat pesisir Utara Karawang.

Namun keberadaannya tepat berada di depan pintu masuk kantor Desa Lemahabang dan belum memiliki kantor sendiri. Entah kapan bergeser dengan loket yang lebih nyaman dan representatif dari Pemprov Jabar.

Padahal, keberadaan samades tidak pernah sepi dari pemohon yang membayar pajak kendaraan. Terlebih sebagai alternatif dan satu-satunya stan Samsat desa di Karawang. “Kalau diajukan mah sudah, kita siap sewakan lahan sebelah barat, supaya loketnya tidak di tengah-tengah pintu masuk kantor desa,” kata Kades Lemahabang Didin Alayudin.

Kades pun mengakui, keberadaan samades ini sangat membantu masyarakat. Tak heran jika desa-desa di kecamatan lain menginginkan samades ini. Tapi di Karawang hanya di Desa Lemahabang saja. “Kita beruntung. Cuma masalah tempat kita harap digeser ke barat, nanti kalau ada realisasi fisik dari Provinsi,” ujar Kades lagi.

Didin menambahkan, tenda, kursi dan semua fasilitas yang ada di halaman kantor desa, didatangkan langsung pihak Samsat. Pihak desa hanya menerima biaya sewa yang masuk PADes, parkir hingga petugas chek nomor rangka kendaraan.

Kedepan, ia harap stand dan bangunan bisa segera digeser agar tempatnya bisa lebih representatif, termasuk lahan parkir di luar pagar kantor desa agar dicor atau paving blok dari pinggiran jalan sampai turap kantor desa lewat bantuan Samsat yang siap diajukan.

Kalau tidak begitu, ketika pemohon STNK maupun transaksi pajak datang, tak sedikit juga pengendara roda empat yang parkir di depan pagar kantor desa tepat di tepian jalan akses jalur Syekh Quro yang masih beralaskan tanah. “Jadi nanti kita juga akan usulkan paving blok/hotmik tambahan depan pagar kantor desa ke Samsat, sebab pinggiran jalan masih tanah dan sering dijadikan tempat parkir roda empat,” tandasnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka