Petani Mulai Tanam Padi Lagi

OLAH TANAH : Petani Karangtanjung sudah mulai turun ke sawah lagi untuk musim tanam berikutnya.

LEMAHABANG, RAKA – Setelah melakukan pembasmian hama tikus dua pekan kemarin, para petani padi di Desa Karangtanjung, Kecamatan Lemahabang memulai kembali aktivitas bertanamnya.

Melihat kondisi musim gadu saat ini, tanaman padi yang akan ditanam berbeda jenis dan varietas. Hal itu dikatakan PPL Kecamatan Lemahabang Suhada. Untuk musim tanam gadu tahun 2020, mayoritas petani menanan padi yang berbeda. “Mulai dari varietas Infari 32, varietas Mekongga, Ciherang, dan ketan,” ujarnya.

Menurut Suhada, setelah pembasmian hama tikus, para petani bisa memulai kembali menanam padinya. Dan hal itu merupakan langkah yang tepat sebelum  karena hewan pengerat ini cukup sulit dikendalikan jika penanganannya telat dilakukan. “Insya Alloh, di wilayah UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Lemahabang sudah ada yang mulai tanam padi tanggal 22 Juni 2020 kemarin,” ujarnya.

Adapun beberapa area pesawahan yang sudah memulai masa tanamnya diantaraya pesawahan di Dusun Pasirkembang, Desa Karangtanjung. Sementara yang lainnya menyesuaikan dengan kesiapan para petani.

Sebelumnya, tokoh tani asal Telagasari Saepul menekankan kepada pemerintah melalui pengamat pengairan agar masa tanam padi tidak diserempakkan. Karena seperti yang sudah-sudah, harga jual padi jadi menurun akibat panen yang bersamaan. “Kalau bisa pola pembagian airnya disesuaikan dengan situasi masa tanam, jangan sampai serempak. Karena nantinya panennya pun serempak, akibatnya harga padi anjlok,” pungkansya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *