Warga Desa Lemahmukti Budayakan Gotong Royong

GOTONG ROYONG : Warga Desa Lemahmukti saat gotong royong dalam program pembangunan.

LEMAHABANG, RAKA – Giatkan masyarakat dengan kerja bakti, selain bermanfaat bagi lingkungan, mereka juga dapat saling bekerjasama. Sekaligus terus menghidupkan budaya gotng royong di tengah masyarakat agar tetap terjaga.

Dikatakan Kepala Desa Lemahmukti, Kecamatan Lemahabang H Damung, setiap kegiatan mengenai lingkungan desa, kerja bakti dengan mengundang masyarakat merupakan hal yang biasa, bahkan harus menjadi budaya. “Jangan sampai budaya gotong royong melalui kerja bakti ini hilang di tengah masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, banyak manfaat dari kerja bakti. Selain bisa meringankan pekerjaan karena di kerjakan bersama, silaturahmi dan kepekaan masyarakat terhadap lingkungannya pun akan terus terbangun. Karena diakui atau tidak, masyarakat Indonesia, khususnya Karawang ini bukan hal aneh ketika bisa melaksanakan kerja bareng.

Salahsatu warga, Hasan menyebutkan, gotong royong antar masyarakat itu merupakan budaya yang tidak bisa ditinggalkan. Di kampung-kampung, ketika tetangga bangun rumah, banyak di antara masyarakat yang bekerja secara cuma-cuma tanpa minta imbalan untik dibayar. “Apalagi kalau pasang atap atau suhunan. Kalau bahasa kita ‘Ngadegkeun’. Masyarakat itu kerjasama dan kerja bareng tanpa imbalan,” katanya.

Karena, lanjut Hasan, hal itu sudah membudaya. Masyarakat sekitar tidak lagi mengharapkan imbalan, asal diberi kopi dan bisa makan bareng saja sudah merasa senang. Utamanya senang karena bisa saling membantu satu sama lain. “Saling membantu ketika membutuhkan itu, di kampung masih ada dan terjaga. Semoga saja terus seperti ini,” pungkasnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

3 Comments

  1. First of all I would like to say wonderful blog! I had a quick question that I’d like to ask if
    you do not mind. I was curious to know how you center yourself and clear your head before writing.
    I have had trouble clearing my thoughts in getting my ideas out there.

    I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15
    minutes are usually lost just trying to figure out how to begin. Any
    recommendations or hints? Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *