Awas Angin Kencang

KOMPAK: Sejumlah warga Desa Kalangsuria, Kecamatan Rengasdengklok usai kerja bakti membersihkan saluran air untuk mengantisipasi banjir, kemarin.

Antisipasi Banjir, Bersih-bersih Selokan

RENGASDENGKLOK, RAKA – Musim hujan diperkirakan masih berlangsung sampai Februari 2022 mendatang, warga diminta supaya tidak membuang sampah sembarangan terutama ke saluran air.

Kepala Desa Kalangsuria Lili Suherman meminta kepada masyarakat agar waspada terjadinya banjir, karena saat ini masih memasuki musim penghujan. Kata dia, walaupun di wilayah kerjanya itu tidak termasuk desa rawan banjir. “Saya ingin masyarakat tetap mengantisipasi terjadinya banjir, paling penting jangan buang sampah sembarangan,” katanya di kantor Desa Kalangsuria.

Lebih lanjut Lili meminta agar masyarakat mewaspadai terjadi bencana alam lainnya, seperti angin kencang atau puting beliung. Oleh karenanya dia meminta bagi warga yang memiliki pepohonan yang besar dan rindang, agar ditebang. “Jangan sampai ada pohon yang tumbang apalagi sampai kena rumah,” imbuhnya.

Lili menyebut upaya antisipasi bencana alam terutama banjir di Desa Kalangsuria, pihaknya dan aparat desa maupun ibu-ibu PPK turut ikut serta membersihkan area desa hingga depan gedung SDN Kalangsuria 1. Kata Lili, kerja bakti tersebut dilaksanakan secara rutin minimal satu bulan sekali. “Kalau kerja bakti di setiap dusun itu dipimpinnya langsung oleh kepala dusun masing-masing,” pungkasnya. (mra)