Kepala Dusun Arahkan Warga Sensus Online

INPUT DATA: Sarmo menginput data hasil sensus penduduk di desanya.

RENGASDENGKLOK, RAKA – Tahun ini Badan Pusat Statistik melaksanakan sesus penduduk melalui online dan offline. Untuk online, kepala dusun di Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok dikerahkan mengajak masyarakat melakukan sensus.

Pemerintah Desa Dewisari melalui Kasi Pemerintahan turut membantu mensukseskan sensus penduduk yang dilakukan kembali oleh BPS pada tahun 2020. Pada tahun ini pelaksanaan sensus penduduk dilakukan dengan dua metode, yaitu dengan cara daring atau online dan langsung mendatangi rumah warga atau offline.

Sarmo, kasi Pemerintahan Desa Dewisari turut membantu memasukan data penduduk warga Dewisari secara online. Pihaknya mengaku hal tersebut dilakukan karena sensus ini bagian dari kepentingan pemerintahan juga. “Target kita untuk Desa Dewisari yang masuk sensus online ini sebanyak-banyaknya,” jelasnya, kepada Radar Karawang, baru-baru ini.

Agar mempermudah masyarakat terlibat sensus secara online ini, Sarmo telah memberikan pengarahan kepada empat masing-masing kepala dusun yang ada di Desa Dewisari tentang bagaimana cara mensesus secara online. Hal itu agar masyarakat lebih terjangkau saat ingin mengisi data sensus online. “Makanya setiap kepala dusun harus tahu, nanti kalau ada masyarakat yang nanya, bisa dibantu sama kepala dusun,” katanya.

Sensus online ini, lanjutnya, sudah berjalan sejak 15 Februari dan akan berakhir pada 31 Maret 2020. Sarmo menambahkan untuk data warga masyarakat Desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok yang sudah masuk sekitar seratus orang lebih dari jumlah keseluruhan kurang lebih 6.009 hak pilih. “Kalau online ini sebenarnya mudah, tapi kendalanya cuma loading aja, namanya juga online,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *