MI Nihayatul Amal 2 Biasakan Siswa Berbagi

SANTUNAN: Siswi MI Nihayatul Amal 2 Purwasari berikan santunan pada orang tua anak yatim.

PURWASARI, RAKA – Di bulan Muharam, dijadikan momentum bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nihayatul Amal 2 Purwasari, berbagi kepada anak yatim dan orang yang tidak mampu.

Anak-anak MI Nihayatul Amal 2 ini, diajak langsung berkunjung ke rumah-rumah yatim yang ada di lingkungan sekolah di Kampung Cengkong, Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari. “Kita tidak mengumpulkan yatim di sekolah, tapi mendatanginya ke rumahnya dan siswa memberikannya langsung ke yatim yang ada di lingkungan sekolah,” kata Kepala MI Nihayatul Amal 2 Purwasari, Halimi, kepada Radar Karawang, Rabu (11/9).

Menurut Halimi, kegiatan ini merupakan salah cara untuk mengajar dan membiasakan anak untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Selain itu, untuk membantu meringankan beban ekonomi anak yatim. “Siswa biar bisa lebih menghormati dan menghargai arti hadir orang tua. Juga, lebih peka terhada kondisi sosial masyarakat yang ada di sekelilingnya,” paparnya, sambil mengatakan madrasah ini baru beroperasi tahun ini dan telah memiliki 25 siswa.

Santunan yang diberikan, tambahnya, merupakan dana dari siswa, wali murid dan donatur. “Jadi, dari siswa untuk masyarakat yang tidak mampu. Agar tumbuh rasa kepedulian terhadap sesama. Bantuan yang diberikan bentuknya uang, karena uang lebih fleksibel,” paparnya.

Tak hanya santunan, tutur Halimi, sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) ada pembiasaan yang rutin dilakukan setiap hari dan dilakukan di dalam masjid. Setelah pembiasaan selesai, siswa diperbolehkan masuk kelas. “Isi pembiasaannya praktik ibadah wudhu dan salat Dhuha, terus mengaji setiap hari, setelah itu baru masuk kelas,” pungkasnya. (asy)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *