Jualan Kue Bisa Lulus Kuliah

Ayu Sonia Fadilah

KARAWANG, RAKA – Tidak mau merepotkan orang, Ayu Sonia Fadilah, harus bekerja keras belajar dan bekerja. Sampai akhirnya, dia berhasil lulus dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menggunakan biaya sendiri.

Ayu memang sudah bekerja keras sejak lulus SMA. Dia pernah bekerja di perusahaan elektronik, tujuannya bekerja saat itu agar bisa kuliah. “Udah lama kalau kerja, tekatnya pas itu cuma buat kuliah,” ujar Ayu, Rabu (7/4).
Kemudian ia berpindah tempat kerja menjadi karyawan pengusaha kue ulang tahun pada tahun 2016. Di tempat ini, ia diajari banyak ilmu perihal kue ulang tahun. Bukan hanya itu sang pemilik pun tidak segan untuk memberikan teknik menghias kue. Satu tahun kemudian ia membuka usaha kue ulang tahun sendiri. Modal yang digunakan berasal dari penghasilan yang sudah dikumpulkan. Awalnya marketing yang digunakan yakni dengan cara mempromosikan melalui teman. Selanjutnya ia menggunakan aplikasi facebook. Gambar kue di posting di beranda serta disebarkan ke group yang dimiliki.

Usaha yang dirintis saat ini sudah berjalan empat tahun. Keuntungan yang didapatkan dalam satu hari yakni Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Sekarang ia sudah memiliki pegawai yang membantu dalam pengiriman kue kepada pelanggan. Ia memiliki cita-cita dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Dari hasil usahanya, Ayu dapat membeli peralatan elektronik. Kedua ia pun dapat mencukupi kebutuhan orangtua. Ketiga pembayaran biaya kuliah dilakukan secara mandiri tanpa ada bantuan orang lain. Bahkan ia dapat menuntaskan pendidikan kedua yakni di Soul Brain Communication (SBC). Pendidikan tersebut diambil di luar universitas. “Alhamdulillah tahun kemarin udah lulus di dua tempat sekaligus dan ga kada nyusahin orang tua sama sekali,” pungkasnya. (cr6)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka