Banjir Intai Gintungkerta

Sekdes Gintungkerta
Wahyudin

Hujan Sekali, Genangan Air Sudah Terlihat

KLARI, RAKA – Memasukin musim penghujan, pemerintah Desa Gintungkerta, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang meminta kepada kepala dusun dan ketua RT untuk membersihkan lingkungan khususnya saluran air.

Sekdes Gintungkerta Wahyudin mengatakan, beberapa hari terakhir wilayah Desa Gintungkerta sudah mulai diguyur hujan lebat yang tentunya beberapa wilayah mengalami genangan air. “Sejauh ini belum sampai banjir sih, cuma genangan air setinggi mata kaki saja salah satunya di belakang kantor desa,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (24/9).

Ia menambahkan, genangan air itu terjadi karena dipicu dari mampetnya saluran air yang membuat air naik sampai ke bahu jalan. “Karena di belakang kantor desa ada satu selokan, karena sudah lama tidak dibersihkan jadi terhambat,” tambahnya.

Ia mengaku, untuk mencegah terjadinya banjir, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh kepala dusun dan ketua RT untuk mengajak warga membersihkan titik atau lokasi rawan banjir, khususnya pada drainase di setiap dusun. “Karena kita harus pastikan bahwa saluran air harus lancar, ada satu yang terhambat maka akan berdampak besar. Apalagi kalau sampai hujannya betul-betul besar,” akunya.

Masih dikatakannya, di musim penghujan, ia juga meminta kepada warga untuk memilih dan memilah barang yang tidak terpakai untuk disimpan atau dikebut sehingga dapat mencegah perkembangbiakan nyamuk malaria yang dapat menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD). “Kita sudah lakukan fooging sih, jangan sampai ada warga kita yang jadi korban DBD. Pesan saya tetap jaga kebersihan saat memasuki musim hujan,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *