Edukasi Penghijauan pada Pelajar

TANAM POHON: Siswa SDN Klari 1 diajak tanam pohon bareng mahasiswa Unsika yang sedang melaksanakan tugas KKN di Desa Klari. Tak hanya tanam, siswa juga diberi tahu cara tanam dan merawat pohon.

Mahasiswa Unsika Tanam Pohon Bareng Siswa SDN Klari 1

KLARI, RAKA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mengajak siswa-siswi sekolah dasar untuk menanam pohon bersama di SDN 1 Klari, Desa Klari, Kecamatan Klari. Kegiatan yang dilakukan, Rabu (22/09) lalu ini, dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam upaya pencegahan dampak kesehatan akibat polusi udara di sekitar Desa klari.

Salah seorang mahasiswa KKN Unsika Mochamad Faisal Hafizh mengatakan, penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa. Tidak hanya diberi pohon, anak-anak SDN Klari 1 pun diajari cara menanam dan merawat pohon. “Kita ajak bersama-sama untuk menanam pohon dan diajari juga cara menanamnya,” katanya, Rabu (27/10).

Diteruskan mahasiswa Ilmu Hukum ini, ada beberapa jenis pohon yang dibagikan diantaranya sansevieria atau lidah mertua, sawo kecik dan manggis. “Adapun jenis tanaman yang digunakan yaitu sansevieria (lidah mertua), sawo kecik dan manggis yang diketahui mempunyai khasiat menyerap gas karbondioksida,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SDN Klari 1 Siti Rohmah, mengapresiasi penanaman pohon ini. Dia melihat, siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan ikut berpartisipasi langsung. “Anak-anak jadi tahu cara menanam pohon dan mengetahui kegunaan dari pohon itu untuk apa, salah satunya untuk penghijauan. Jadi secara langsung anak-anak berpartisipasi,” ujarnya.

Sejak pandemi, tambahnya, kegiatan sekolah daring dan jarang sekali praktik langsung ke sekolah. “Adanya kegiatan dari mahasiswa unsika secara tidak langsung dapat mengedukasi siswa tentang bagaimana caranya menanam pohon dan dapat mengetahui kegunaan dari tanaman tersebut. Semoga apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Unsika dapat bermanfaat bagi sekolah kami,” pungkasnya. (nad)