Posyandu Jaga Kesehatan Ibu dan Anak

IMUNISASI: Seorang bayi diimunisasi di Posyandu Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari, Rabu (23/9). Keberadayaan posyandu sangat membantu menjaga kesehatan ibu dan anak.

KLARI, RAKA – Keberadaan posyandu sangat terasa manfaatnya untuk kesehatan anak dan ibu. Seperti yang terlihat di Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari, kemarin. Warga antusias berbondong-bondong ke posyandu untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Bidan Desa Kiarapayung Teti Widianingsih mengatakan, pelayanan posyandu merupakan salah satu alternatif untuk menunjang kesehatan warga di tingkat paling bawah. “Kadang mereka kesulitan ke puskesmas, karena punya kesibukan rumah tangga,” ucapnya kepada Radar Karawang, Rabu (23/9).

Ia menambahkan, antusias warga dalam melakukan pelayanan dinilai baik, pasalnya dalam satu bulan pelayanan, 80 persen warga di Desa Kiarapayung datang dan hadir. “Alhamdulillah bulan ini sudah beres semua satu desa, bicara soal antusias cukup bagus soalnya cukup banyak juga yang datang,” tambahnya.

Ia mengaku, pada pelayanan posyandu juga dilakukan pelayanan seperti biasanya yaitu pemeriksaan ibu hamil, pemberian makanan tambahan dan pemberian imunisasi. “Untuk pelayanan ya kita menyesuaikan kebutuhan saja, terus kita juga sudah punya jadwal saat pemberian PMT, dan imunisasi, ditambah pelayanan pemeriksaan ibu hamil,” akunya.

Masih dikatakannya, meski pelayanan posyandu tetap berjalan, protokol kesehatan tetap diperhatikan. Minimalnya warga diminta dan wajib menggunakan masker saat datang ke posyandu. “Kalaupun ada yang tidak menggunakan masker, kita minta warga pulang dulu untuk mengambil masker, atau tidak kalau kita punya stok masker kita kasih ke warga sih,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *