Ekskul Booce Latih Fokus Siswa Tuna Grahita

Fahri Khamil.

KARAWANG, RAKA – Sekolah Luar Biasa C Tuna Harapan Kabupaten Karawang menyediakan ekstrakulikuler booce bagi siswa dan siswi. Ekskul ini dinilai mampu melatih daya fokus bagi siswa penyandang tuna grahita.
Pembina Ekskul SLB C Tuna Harapan Fahri Khamil memaparkan ekstrakuler tersebut merupakan ekskul khusus bagi anak penyandang tuna grahita. Olahraga ini hasil dari modifikasi 2 olahraga sekaligus. Ekskul ini dapat melatih fokus anak. “Ini olahraga khusus anak-anak grahita khususnya anak down syndrom. Sebetulnya, ini modifikasi dari olahraga bowling dan kelereng,” ujarnya, Selasa (24/1).
Olahraga tersebut, lanjutnya, dilakukan dengan cara melempar bola besar menuju bola kecil. Siswa pun akan dibagi menjadi 2 tim berdasarkan 2 warna dari bola besar. Kemenangan akan diukur dari jumlah terbanyak bola besar yang mendekati dan menyentuh bola kecil. “Permainannya melemparkan bola yang besar ke bola yang kecil. Di bola yang besar itu ada 2 warna dan anak-anak dibagi menjadi 2 tim. Mengukur kemenangannya itu dari jumlah bola besar terbanyak yang mendekati bola kecil,” tambahnya.
Latihan diperlukan waktu selama 3 hingga 6 bulan. Meski begitu terdapat siswa yang menguasai teknik kurang dan bahkan ada yang melebihi target waktu yang sudah ditentukan. Jarak ketentuan bola besar mendekati dan menyentuh bola kecil sejauh 1 meter. Ia mengaku perkembangan kemampuan siswa masih naik turun. Perkembangan dipengaruhi oleh mood, faktor istirahat anak. “Kita gak bisa mempunyai target khusus untuk dijadikan patokan, karena belajar dari kejadian di lapangan ada beberapa anak yang di luar dugaan. Progresnya sampai sekarang anak masih naik turun,” lanjutnya.
Fahri menambahkan, pihak sekolah telah memperoleh kejuaraan di tingkat pelajar. Kemudian adapula prestasi di tingkat O2SN untuk ekskul tersebut. Ia mengaku telah mendapatkan Harapan 2 tingkat provinsi. “Di Karawang karena SLB baru sedikit, jadi kita ikut perlombaan di tingkat provinsi. Kalau di kita itu untuk ekskul booce dapat harapan 2 tingkat provinsi kategori putri,” tutupnya. (nad)

Tinggalkan Balasan