Kertas Suara Dijaga Polisi Bersenjata

SUDAH TIBA: 1,6 juta surat suara untuk pilkada Karawang disimpan di GOR Panatayudha Karawang.

Bawaslu Minta KPU Pasang CCTV

KARAWANG, RAKA – Pilkada Karawang tinggal menghitung hari. Berbagai logistik sudah mulai berdatangan. Termasuk 1.686.765 lembar surat suara yang akan digunakan pada 9 Desember mendatang sudah diterima Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang.

Kertas suara yang dikemas dalam 844 boks langsung diamankan di Gedung Olahraga Panatayudha, begitu sampai di Karawang. Penjagaan ketat terhadap surat suara juga dilakukan pihak kepolisian. Beberapa personel kepolisian terlihat berjaga di lokasi dengan membawa senjata laras panjang.

Anggota KPU Kabupaten Karawang Kasum Sanjaya menuturkan, surat suara yang dicetak di PT Gramedia Cikarang itu sudah tiba di Karawang sekitar pukul 10.000. Dia menyebutkan, dipilihnya GOR Panatayudha untuk menyimpan dan melakukan pelipatan karena lokasinya yang strategis. “Tempatnya strategis, tidak jauh dari kantor KPU,” katanya, saat ditemui Radar Karawang, Rabu (18/11).

Dikatakan Kasum, selama lima hari kedepan surat suara tersebut akan disortir dan dilipat oleh tenaga ahli. Jumlah surat suara sebanyak 1.686.765 lembar tersebut, belum termasuk cadangan untuk pemungutan suara ulang yang sudah disiapkan sebanyak 2.000 lembar. “Sekarang belum diketahui berapa jumlah surat suara yang rusak, karena belum disorlip (sortir lipat). Pendistribusian kepada masing-masing kecamatan nanti kalau semua logistik sudah siap,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan mengatakan, pihaknya terus mengawasi dan memantau semua tahapan termasuk pengadaan surat suara. Selain pengawasan pada saat tiba di Karawang dan penyortiran, selama proses pencetakan di Gramedia juga terus dipantau. “Kami terus melakukan pengawasan terhadap surat suara yang berjumlah 1,6 juta ini,” ucapnya.

Kursin juga mengatakan, Bawaslu Karawang akan merekomendasikan kepada KPU agar segera memasang kamera CCTV di lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara. “Kita sudah buat surat rekomendasi secara tertulis agar KPU menyediakan CCTV,” tambahnya. (nce)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *