KPU Gelar Lomba Sepeda Sejauh 388 Kilometer

LAUNCHING: KPU luncurkan Virtual Ride and Run di kantor KPU Karawang.

KARAWANG,RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar launching KPU Virtual Ride and Run dalam rangka memperingati hari jadi Karawang ke-388 tahun. KPU mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan olahraga dan bersepeda.

Ikmal Maulana, komisioner KPU Kabupaten Karawang divisi sosialisasi dan partisipasi pemilih mengatakan, bahwa kegiatan Virtual Ride and Run ini mengangkat tema Karawang sehat demokrasi kuat. “Tema ini berangkat dari filosofi sesuai dengan situasi saat ini, Karawang adalah salah satu kota yang terdampak pandemi, di mana kesehatan ini menjadi tolak ukur dalam partisipasi pemilu,” ucapnya, Selasa (14/9).

Ikmal menambahkan, pilkada lalu menjadi acuan kedepan dalam rangka menyonsong pemilu. “Seperti kita ketahui Kesehatan menjadi salah satu segmen yang terganggu, sehingga protokol kesehatan melekat erat dalam setiap tahapan pemilu. Dengan momentum sekarang, harapan kita mengajak masyarakat seluas-luasnya, khususnya masyarakat Karawang untuk menjaga kualitas kesehatan bisa dengan lari dan bersepeda. Ketika masyarakatnya sehat harapan kita partisipasi pemilih dalam pemilu tidak terganggu karena ada korelasinya kesehatan dengan pemilu,” tambahnya.

Ikmal menjelaskan, kegiatan KPU Virtual Run dan Ride telah dimulai pendaftarannya dari 5 September lalu. “Kalau pendaftaran telah kita mulai dari tanggal 05 September sampai dengan tanggal 05 Oktober, sedangkan masa pelaksanaan dimulai tanggal 14 September bertepatan dengan hari jadi Karawang sampai dengan tanggal 15 Oktober 2021,” jelasnya.

Ia menuturkan, jarak yang ditempuh oleh peserta cukup jauh sehingga butuh beberapa hari untuk mencapai target. ”Jarak yang harus ditempuh untuk pesepeda ialah 388 KM sedangkan untuk pelari ialah 38,8 KM dengan waktu sebulan dan mereka harus memakai aplikasi strapa yang biasa digunakan oleh kalangan runner. Untuk hadiah kami udah menyediakan sepeda dan sepatu olahraga yang pro. Untuk pemenang ialah ia yang menempuh jarak paling jauh,” tutupnya. (cr8)