Ratusan Komunitas Konvoi Dengklok-Karawang

KARAWANG, RAKA- Ribuan warga Karawang dari 217 komunitas melakukan konvoi Kirab Merah Putih dari Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok hingga Stadion Singaperbangsa Karawang, Sabtu (3/8).

Kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 ini, diikuti komunitas sepeda ontel, vespa, gowes, hingga ormas yang secara estafet mengusung bendera merah putih. Adapula yang berjalan kaki sembari menyerukan persatuan. Ada pula yang sengaja menggunakan kostum khusus, seperti seragam SD hingga pocong. Ratusan komunitas yang tergabung dalam Forum Jalanan untuk Bangsa menggelar kirab merah putih, mulai dari Rengasdengklok hingga Stadion Singaperbangsa Karawang.

Etape pertama dari Rengasdengklok hingga SMKN 1 Karawang, kemudian etape kedua hingga Karawapawitan, kemudian etape ketiga Karangpawitan-Stadion Singaperbangsa Karawang. “Kita menyatukan seluruh elemen di Kabupaten Karawang, supaya lebih bersatu, lebih akrab, tidak terjadi gesekan,” kata Gus Haris, Ketua Dewan Pembina Forum Jalanan untuk Bangsa.

Diteruskannya, ratusan komunitas itu ingin membuktikan bahwa masyarakat Kota Pangkal Perjuangan sangat cinta terhadap tanah air, serta saling guyub. “Kami siap bersatu untuk bangsa,” tambahnya.
Tak hanya konvoi, sejumlah kesenian asli Karawang dan tanah Sunda juga ditampilkan, mulai dari seni beladiri Tapel, debus, menabuh lesung, hingga topeng. Tak ketinggalan penganan ala Sunda, seperti kacang tanah, jagung, singkong, dan ubi yang disajikan gratis. (asy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here