Seleksi Akhir Capim Baznas Virtual

WAWANCARA ONLINE: Sejumlah calon pimpinan Baznas Kabupaten Karawang mengikuti seleksi akhir secara virtual di Gedung Singaperbangsa Pemda Karawang, Selasa (22/2).

KARAWANG, RAKA – Seleksi lanjutan calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karawang dilaksanakan secara virtual di Aula Gedung Singaperbangsa Pemda Karawang, Selasa (22/2).
Sekretaris Panitia Seleksi Capim Baznas Karawang Anang Suryana menuturkan, tahapan seleksi akhir ini dilaksanakan dan dijadwalkan langsung oleh Baznas Pusat. Sehingga secara mendadak pihaknya menyiapkan dan mengumumkan kepada para peserta. “Jadwal ditentukan oleh pusat. Kalau kami tadinya ingin mengusulkan seleksi lanjutan ini hari Kamis besok. Tapi semua peserta hadir,” katanya saat dihubungi Radar Karawang.
Anang mengatakan, pihaknya sebagai panitia seleksi tingkat daerah hanya memfasilitasi kegiatan tersebut. Pada seleksi lanjutan ini, masing-masing peserta diwawancarai satu per satu secara terpisah langsung oleh pengurus Baznas Pusat dan Baznas Provinsi Jawa Barat melalui layar kaca yang durasinya 30 sampai 40 menit. “Pengujinya dari pusat, kita juga panitia tidak tahu apa saja yang ditanyakan kepada peserta karena ruangan kedap suara,” ujarnya.
Sebelum tahapan seleksi lanjutan dilaksanakan, kata dia, sepuluh orang peserta yang lolos pada seleksi pertama juga telah mengikuti tes narkoba yang difasilitasi oleh pemerintah daerah, sehingga pada tes tersebut tidak harus mengeluarkan biaya. “Sebelumnya yang 10 orang juga sudah tes narkoba,” katanya.
Setelah dilaksanakan seleksi lanjutan ini, lanjut Anang, tahapan berikutnya yaitu diplenokan oleh Baznas Pusat untuk dipilih lima orang yang ditetapkan sebagai komisioner Baznas Kabupaten Karawang. Kemudian dari lima orang tersebut bermusyawarah untuk membentuk struktur kepengurusan di Baznas dan selanjutnya di-SK-kan oleh bupati. “Waktunya juga tergantung dari pleno Baznas Pusat,” pungkasnya. (nce)