
Radarkarawang.id- Pelaku pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus optimalkan pemasaran digital untuk meningkatkan pemasaran produk yang lebih luas.
Saat ini, pemasaran dan distribusi produk masih menjadi tantangan bagi pelaku UMKM. Hal itu karena belum maksimalnya memanfaatkan platform digital.
Dosen Unsika Didi Juardi mengatakan, pemberdayaan UMKM merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi daerah, terutama bagi kelangan bawah.
Baca Juga: 9 Desa Gelar Pilkades Tahun Ini
Di tengah era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan berbagai peluang bagi pelaku usaha, termasuk UMKM.
“Salah satu kesempatan tersebut adalah melalui pengembangan e-commerce, yang dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan akses pemasaran, memperluas jaringan, dan mengoptimalkan penjualan produk,” katanya, Selasa (7/10) lalu.
Kata Juardi, Yan’s Collections sebagai produsen boneka di Karawang, memiliki potensi yang besar dalam menciptakan produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar.
Namun, masih terdapat tantangan dalam hal pemasaran dan distribusi, terutama pada pemanfaatan platform digital yang belum maksimal.
Oleh karena itu, kegiatan “Pemberdayaan Kemitraan Melalui Pengembangan E-Commerce untuk UMKM Produksi Boneka Yan’s Collections Karawang” ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan dukungan dan pelatihan yang diperlukan bagi para pelaku UMKM.
Tonton Juga: PELAKU PENGANIAYAAN DO DI BEKUK POLISI
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terjalin kemitraan yang kuat antara UMKM, pemerintah, dan pihak swasta, sehingga dapat menciptakan inovasi dan meningkatkan kapasitas produksi serta pemasaran.
“Selain itu, inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya kehadiran mereka di platform digital sebagai usaha untuk memperkuat daya saing produk lokal,” ujarnya.
Dengan adanya pendampingan dalam bidang e-commerce, UMKM di Karawang, khususnya Yan’s Collections, diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk mencapai target pasar yang lebih luas, meningkatkan keuntungan, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui sinergi dan kolaborasi, diharapkan UMKM di Karawang dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. (mra)