Belajar jadi Perawat

AKTIF: Sejumlah siswa SMAN 2 Cikampek tidak hanya aktif dalam pembelajaran, tapi juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti UKS. Mereka belajar merawat siswa lainnya yang sakit.

Siswa SMAN 2 Cikampek Aktif di UKS

CIKAMPEK, RAKA – Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan lingkungan yang sehat, seperti yang dilakukan oleh SMAN 2 Cikampek yang mengikuti kegiatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Siswa SMAN 2 Cikampek kelas XI MIPA 5 Yuli Putri Nabila mengatakan, UKS merupakan salah satu lembaga yang dibentuk sekolah untuk meningkatkan semangat siswa dalam menciptakan lingkungan yang sehat. “Karena kesehatan itu nomor satu bagi setiap orang,” ucapnya, saat berbincang dengan Radar Karawang, Rabu (24/11).

Ia menambahkan, konsep UKS juga dilaksanakan dengan melibatkan para siswa, di mana membentuk tim atau kelompok untuk melakukan piket. Berbagai kegiatan pun dilakukan seperti menjemput siswa yang sakit saat di ruang kelas untuk mendapatkan perawatan. “Jadi kita siapkan ruangan khusus untuk siswa beristirahat,” tambahnya.

Yuli mengaku, selain penyediaan tempat, ruang UKS juga sudah disediakan fasilitas P3K lengkap dengan obat-obatan, serta perlengkapan lainnya yang menunjang kesehatan. “Ternyata seru banget, aku bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi perawat seperti di rumah sakit,” akunya.

Hal serupa disampaikan oleh Rosalia Yunianty, kelas X IPS 3, menjadi petugas UKS mampu meningkatkan kepekaan serta kepedulian terhadap sesama, seperti siswa yang mengalami pingsan, jatuh dan lain sebagainya. “UKS ini bisa menumbuhkan kepeduliaan dan kepekaan siswa terhadap sesama. Pokoknya seru, tali persaudaraan aku dengan siswa lain semakin dekat,” pungkasnya. (mal)